Kamis, 28 Januari 2016

JT 280116 : MSC Pun Gebrak Afrika


Ini jadi mirip cerita bersambung alias cerber. Dua hari berturut2 ngebahas potensi pasar Afrika … eh ini hari muncul lagi pelayaran yang nyempurnain servis kesono. Emang gak sepnuhnya masuk Afrika tapi ya nyrempet2 gitu deh, khan ada Djibouti-nya he he he. Maksa ni yee.

Mediterranean Shipping Co. (MSC) kabarnya, bakal ngoperasiin servis antara Asia – Red Sea (Laut Merah), terhitung mulai tgl 12/02/16. Rutenya ? Yokohama - Qingdao - Busan - Ningbo - Shanghai – Shenzhen/Chiwan – Singapura - Salalah - Djibouti.

Seperti diketahui, MSC bermitra dengan Maersk Line dalam aliansi strategis bernama 2M. Nah servis milik 2M yang menyusuri Asia ke Salalah yaitu TP3/TP12/Empire/New Orient dan waktu tempuh dari Ningbo-Salalah (16 hari) ato Singapura-Salalah (6 hari doank).

Pesaing 2M terdekat dan cukup kuat di servis ini adalah PIL dan APL yang mengibarkan bendera RSS/REX namun harus diakui transit-time yang dimiliki memang terbaik diantara operator lain. Misal, Singapura-Djibouti 9 (sembilan) hari.

Kompetitor lainnya yang juga main ke ujung kepala Afrika yaitu REX3, hasil keroyokan antar-pelayaran, yakni CMA CGM, UASC, CSCL dan Hanjin Shipping (HJS). Bener khan, gak Afrika bingitz tapi cuma di tanduknya aja.

Gimana pun juga, Djibouti ada di benua Afrika jadi gak perlu debat capek2 deh. Ayooo cari muatan, jangan meleng teruz. Jozz gandoz. Afrika boooo, Afrika nih.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar