Minggu, 17 Januari 2016

JT 170116 : Amazon Mutasi Jadi Freight Forwarding

Ini masalah persaingan bisnis dan siapa aja bisa menjadi pemain, asal dia niat. Pasalnya yang bakal jadi pemain disini adalah Amazon.com yang selama ini dikenal sebagai penjual buku on-line he he he.

Jaringan bisnisnya yang menggurita, memungkinkan amazon bermutasi dari sekedar distributor buku ato sejenisnya (itu yang kita tahu), menjadi sebuah jasa pengurusan transportasi kelas dunia.

Hal ini didapati setelah Amazon.com mendapat persetujuan dari otoritas terkait di Amrik, Federal Maritime Commission (FMC). Nah loh, gak tanggung-tanggung. Nantinya, Amazon.com bisa ngejual tarif seperti kebanyakan forwarder.

Hmmm … nambah lagi deh saingan. Kenyataan ini dilansir oleh salah satu perusahaan logistik asal San Francisco, Amrik yaitu Flexport. Menurut jurubicara Amazon.com, pengajuan memang ada cuma untuk bermain di sektor freight forwarding, gak dijawab secara jelas.

Pengajuan ini juga tercium saat Amazon sebulan lalu ngajuin rencana sewa 20 pesawat Boeing 767 untuk pengiriman jasa kargonya sendiri. Nah mungkin aja karena ada ruang kosong, jadi kenapa space nganggur gak dijual sekalian aja supaya lebih untung. Gitu.

Selain menyewa puluhan pesawat kargo, Amazon juga beberapa waktu lalu lagi ngadain pengadaan truk untuk keperluan distribusi. Sampe sejauh mana sepak terjang Amazon kedepannya, menarik buat disimak, terutama para freight forwarders yang bakal berhadapan langsung.

Ikut nyimak ahh …Waspada, waspada, waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar