Senin, 04 Januari 2016

JT 040116 : Otoritas Tiongkok Setuju Merger China Merchant + Sinotrans


Gak perlu nunggu waktu lama bagi otoritas Tiongkok untuk menyetujui rencana merger 2 (dua) perusahaan gede yang mo disinergikan, yaitu antara China Merchant dengan Sinotrans & CSC Holdings Co. – demikian sebagaimana dikutip oleh kantor berita Reuters.

Menurut majalah keuangan setempat, Caixin, nilai merger kedua perusahaan kelas kakap tersebut mencakup aset China Merchant CNY 624 milyar (= USD 96 milyar) dengan Sinotrans & CSC Holdings CNY 109 milyar.

Dahsyatnya merger kedua perusahaan ini dinilai saling melengkapi. China Merchant bergerak di sektor kepelabuhanan, jasa keuangan dan pelayaran, sementara Sinotrans & CSC Holdings banyak menggarap sektor logistik dan persewaan kapal.

Integrasi ini memungkinkan Tiongkok memainkan peran untuk berkiprah di industri pelayaran dan logistik global dimana sebelum ini terjadi, otoritas RRCina juga sudah menyetujui akuisisi pelayaran COSCO atas aset China Shipping Container Line (CSCL).

Melihat keseriusan pemerintah di Negeri Panda, kadang ngiri juga kita ini, kapan di negeri ini mo menggarap sektor kemaritiman dengan serius supaya industri pelayaran dan logistiknya menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Serasa masih mimpi ...

Ingat aja ya, mulai 01/01/16 gerbang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah diberlakukan dan siap-siap kita menanti serbuan produk negeri tetangga bila kita masih berpikir dan berlaku seperti di tahun 2015 lalu. Tamatlah sudah.

Lakukan yang terbaik dan bergeraklah sedikit ekstrim. Wooow !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar