Selasa, 05 Januari 2016

JT 050116 : CCO Maersk Line Lengser


Entah ngimpi apa sebelumnya, bisa jadi Schueler agak shock saat mendengar dirinya masuk dalam program efiensi dari sebuah grup usaha besar. Dia termasuk diantara 110 orang yang kehilangan pekerjaan dalam mingu-minggu ini.

Dialah Chief Commercial Officer (CCO) Maersk Line, Stephen Schueler, yang baru join di perusahaan pelayaran terbesar di dunia sejak 3 (tiga) tahun lalu. Kabar ini dirilis oleh media Lloyd’s List blon lama ini.

Rencana penghematan ini resmi diumumkan sejak bulan lalu dan bakal mengurangi jumlah tenaga kerja hingga 4.000 orang, menjadi 19.000 staf antara saat ini hingga tahun 2018 mendatang. Eng ing eng …. Serem juga ya ?

Maersk Line kantor pusat pun gak urung kena program efisiensi ini, semisal pengurangan jumlah regional office dari 8 (delapan) menjadi 7 (tujuh) doank. Artinya, area Asia Utara dan Asia Pasifik bakal dilebur jadi 1.

Lantas, Schueler kemana ya ? Keppo deh. Kabarnya sih pulang kampung dan pengen mudik sama keluarganya di Amrik. Gitu. Selepas ditinggal Schueler, bagaimana wajah restrukturisasi yang ada ? Commercial dan Trade & Marketing dilebur jadi 1 dibawah koordinasi trades director Vincent Clerc.

Sikon ekonomi yang melanda semua industri disikapi dengan cara berbeda, namun tujuannya sama : menyelamatkan perusahaan dengan program pemangkasan ato restrukturisasi organisasi. Hmm ….

Jika gak aral melintang, pihak Maersk Line memperkirakan setiap tahunnya bakal menghemat USD 250 juta. Jumlah yang gak sedikit. Toooop deh walau miris bagi yang kena program efisiensi tersebut. Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar