Sabtu, 02 Januari 2016

JT 020116 : MSC Balik Mampir Ke Iran (Lagi) Setelah 6 Tahun Absen

Pelayaran terbesar ke-2 di dunia, Mediterranean Shipping Co. (MSC) udah balik lagi masukin kapal ke Iran, setelah 6 (enam) tahun lamanya absen – demikian bunyi berita dari kantor berita gak resmi Teheran, Tasnim News Agency.

Sebelum akhir tahun 2015, ada sinyal bahwa sanski ekonomi atas Iran oleh sejumlah Negara sekutu yang dipimpin Amrik, menyiratkan untuk segera dicabut. Alasannya, Iran udah kooperatif untuk urusan pabrik senjata nuklirnya. Begitu kira-kira.

Kini, menjelang era keterbukaan pasar Iran, sejumlah pelayaran langsung merespon dan merevisi rute pelayarannya sehingga pelabuhan di Iran, potensil menjadi target kunjungan kapal kontainer, seperti Bandar Abbas dan Shahid Rajaee.

Kabarnya, di malam pergantian tahun 2015 ke 2016, kapal MSC yang bernama MSC Domitille mampir ke pelabuhan ke-2 terbesar di Iran, Shahid Rajaee dan membongkar 1.162 TEUs ex muatan dari Shanghai, RRCina.

Kapal MSC Domitille memiliki kapasitas 9.400 TEUs dan menjadi salah satu kapal besar yang masuk ke Shahid Rajaee blon lama ini dan kapal pertama yang masuk ke Iran kembali setelah absen selama 6 (enam) tahun.

Kapal MSC yang terakhir kali mampir ke Iran yaitu MSC Beatrice (kapasitas 14.000 TEUs) di tahun 2009, yang kebetulan sandar di Shahid Rajaee. Untuk diketahui, kesepakatan pencabutan embargo disepakati oleh Grup 5+1 di sekitar bulan Juli tahun lalu.

Ke-5+1 negara dimaksud yakni Rusia, Tiongkok, Amrik, Jerman, Perancis dan Inggeris. Petinggi sekaligus CEO MSC, Diego Aponte menyambut hangat kesepakatan tersebut dan langsung melakukan lawatan ke Iran serta mendukung kerjasama dengan IRISL.

Bagaimana tindaklanjut antara MSC dengan pelayaran Iran tersebut, masih dalam pengamatan semua orang. Langkah apa nih yang bakal ditempuh ? Khan MSC udah punya deal dengan Maersk Line di 2M. Lantas dengan IRISL mo kerja bareng dimana ya ?

Tunggu aja tanggal mainnya dan biar skalian bikin penasaran deh he he he. Cheers.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar