Kamis, 07 Januari 2016

JT 070116 : Pilot Air France Ancam Mogok

Untuk kesekian kalinya, pilot maskapai penerbangan Perancis, Air France, ngumumi bahwa mereka siap dengan agenda mogok nasional di tgl 10-13/01/16 dan mogok kali ini akan berdampak cukup luas – demikian disampaikan oleh IHS Media.

Kebetulan para pilot mengancam sektor angkutan barang namun gak menutup kemungkinan juga pesawat komersil penumpang akan mengalami kendala. Kabarnya, Air France tengah berupaya mengurangi angkutan barang dan menambah angkutan penumpang.

Kolaborasi Air France-KLM di akhir tahun 2016 bakal menerbangkan hanya 5 (lima) pesawat kargo, dibandingkan dengan 13 unit (2014) dan 26 unit saat mereka merger di tahun 2005 lalu. Artinya, koq volume pesawatnya turun drastis nih. Ada apa sih ?

Kabarnya nih, ada 2 (dua) orang pilot yang pernah ikut ngedukung mogok di bulan Oktober 2015 lalu dan dikenai sanksi sehingga serikat pekerja menuntut agar segera dipulihkan. Ada juga seruan dari serikat lebih besar CGT, proteslah tgl 28/01 seharian penuh.

Nha, yang terakhir ini yakni mogok terkait rencana pemangkasan staf sekitar 3.000 orang dalam 2 (dua) tahun ke depan dan pengawasan lebih fokus untuk para pelaku mogok (istilahnya, ditandain gitu deh).

Prestasi angkutan kargo AF-KLM di bulan November lalu drop hingga 11,3 persen, hal ini terkait dengan pengurangan kapasitas hingga 33 persen. Nah seperti apa dan bagaimana realisasinya, siap-siap aja klo mo kirim barang ke Perancis dalam periode tsb.

Ikut prihatin dan tetap waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar