Senin, 18 Januari 2016

JT 180116 : Taiwan Integrasikan Kekuatan


Indonesia masih menimbang-nimbang untuk menjadikan kekuatan-kekuatan dagang yang ada, menjadi satu kekuatan padu multi-sektor dengan melibatkan daya saing darat, laut dan udara guna memperlancar laju pertumbuhan e-commerce.

Di negeri tetangga, Taiwan, hal ini udah disikapi secara serius yakni dengan meleburnya 3 (tiga) entitas bisnis yang memiliki kekuatan di masing-masing sektor, semisal China Airlines Cargo (CAL - udara), Yang Ming Marine Transport Corp. (YML – laut) dan Chunghwa Post (perusahaan pos).

Kabarnya ketiganya sepakat menandatangani nota kesepahaman / memorandum of understanding (MoU) guna memadukan layanan e-commerce yang juga tengah tumbuh di bumi Taiwan.

Menurut Chairman Chunghwa Post, Philip Wen-chyi Ong, inisiatif diatas diusung oleh Kementerian Perhubungan Taiwan (Ministry of Transportation and Communications /MOTC), sebagaimana dilansir oleh media setempat, Focus Taiwan.

MoU ini bertujuan memangkas waktu pengiriman barang-barang impor, dengan biaya yang lebih murah dan menciptakan peluang e-commerce lebih banyak lagi – demikian ditambahkan oleh Presiden YML, Hermann Yu.

Ketiga perusahaan Taiwan diatas setuju untuk membuat website anyar, untuk mendorong bisnis e-commerce dan direncanakan bakal mulai beroperasi bulan April 2016 mendatang. Gak perlu berlama-lama, peluang cuma lewat sekali doank.

Kekuatan ketiganya gak diragukan lagi. Chunghwa Post berpendapatan USD 9,09 juta setahun khusus di biz e-commerce, demikian pula CAL yang bisa membukukan penjualan tahunan hingga USD 50 juta dari duty-free biz.

Dari data MOTC, CAL merupakan maskapai penerbangan ke-6 terbesar kargo sedunia, dengan 35 tujuan. YML merupakan perusahaan pelayaran global terbesar ke-13 dan Chunghwa di Taiwan memiliki 1.000 outlet.

Hmm mantap. Kurang apalagi ? Tinggal tunggu gebrakan nyatanya aja. Tooop ! Indonesia, harus segera nih klo gak kepengen kelindes des desssss.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar