Selasa, 26 Januari 2016

JT 260116 : Afrika Jadi Primadona Bisnis Dunia

Ramalan ato prediksi beda tipis. Mana yang lebih akurat, itu tergantung dari sudut pandang masing-masing. Secara ilmiah pasti memang prediksi tetapi ramalan bagi mayoritas orang berbau mistis … ya dipake buat pembanding doank, biasanya.

Setidaknya tercatat 4 (empat) pelayaran dalam waktu hampir bersamaan meng-upgrade ato memnyempurnaka servis ke Afrika. Artinya, gak sembarang pelayaran bakal begitu tertarik klo gak ada pemicunya. Minimal daya tarik apa sih ? Gitu.

Daya tariknya apa, nah itu yang musti dicari tim Sales & Marketing. Yuuuk kita cari bocorannya rame-rame. Pasalnya, begitu nemu, pasti diserbu pelayaran lain yang memang kehausan servis anyar akibat kelebihan stok kapal. Hmm …

Bagi pelayaran global, rute Asia-Eropa (AE), Asia-Med (AM) dan Asia-Amrik (AA) kini tak lebih sekedar menjaga gengsi atas eksistensi mereka. Untung mengeruk keuntungan … hmm kudu mikir 4x lipat. Yang ada harga udah morat-marit.

Menurut survei yang diadakan oleh Dynaliners, pasar Afrika akan menjadi pasar potensil di masa mendatang, sama seperti Asia Pasifik yang sempat menjadi idola beberapa tahun terakhir, namun kini sedikit rada memudar.

Lantas, seperti apakah wajah Afrika itu koq bisa dibilang prospektif ? Selama ini yang selalu kedengaran cuma isu kelaparan dan kegaduhan politik ato aksi perompak yang menghajar kapal komersial di wilayah Somalia dan sekitarnya ?

Kini thruput Afrika mendekati 8 juta TEUs, bahkan udah berhasil ngelewatin Australia dan akan berkembang cepat kedepannya. Lantas Afrika belahan manakah yang dipandang prospektif itu dan seberapa gede sih ?

Area timur dan selatan benua Afrika dikabarkan tumbuh 9 (sembilan) persen berdasarkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (compound annual growth rate - CAGR) sejak tahun 2010. Tuh khan, datanya cukup fantastis.

Data ini diperoleh dari 23 negara dengan populasi 437 juta orang. Sungguh pasar yang sangat potensil – buat yang ngerti bisnis. Klo cuma asal jualan doank, ya jujur, dapat apa adanya, gak bakal lebih.

Sebagai gambaran aja nih, Tiongkok memperkirakan bahwa di tahun 2020 nanti, kenaikan ekspornya mencapai 91 persen. Wadaaaw ! Bagian timur dan selatan akan mendominasi pertumbuhan benua Afrika. Tiga Negara yang sangat berperan : Somalia, Tanzania dan Kenya, selain Afrika Selatan..

Di kawasan Samudera Hindia ada Afrika Selatan, Madagaskar, Mauritius dan Mozambik. Berikut 4 (empat) pelayaran yang siap nge-revisi servisnya : MOL Liner, Gold Star Line (GSL), NileDutch dan CMA CGM.

Supaya gak terlalu panjang, nyambung ke edisi besok ya, di JT 270116. Ciao.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar