Sabtu, 09 Januari 2016

JT 090116 : Kapal MSC Singgahi Bandar Abbas


Lagi, pelayaran ke-2 di dunia Mediterranean Shipping Co. (MSC) blon lama ini ngebongkar (discharging) 300 kontainer berisi makanan dan produk pertanian di pelabuhan Bandar Abbas, Iran.

Peluang yang ada dibenak para petinggi MSC gak salah karena sejak isu embargo bakal dicabut, juragan MSC bahkan langsung merespon dan mendatangi negeri kaya minyak tersebut dan membuat komitmen kerjasama hingga memasukkan kapal perdana untuk servis barunya.

Kapal MSC rencananya bakal mampir secara rutin di Bandar Abbas via servis New Falcon, yang ngelayanin rute Tiongkok – Singapura – Sri Lanka – Iran dan mampir ke India dan Uni Emirat Arab (UEA) dalam perjalanan baliknya.

Bagi MSC yang juga sering merintis di rute-rute sepi peminat, langkah memasuki Iran dianggap sebagai jalan pembuka. Nantinya akan berkembang dengan sendirinya dan volume meningkat perlahan-lahan – demikian disampaikan oleh jurubicara MSC, Fiona Jackson.

Selama Iran diembargo oleh Amrik dan sekutunya, barang-barang yang mo masuk ke Iran harus dibongkar di negara tetangga seperti Oman dan UEA. Seorang pengamat menyampaikan, Iran hanya akan kuat di-impor tetapi gak di rute ekspor.

Alasannya, Iran memang membutuhkan sejumlah produk pertanian dan makanan tetapi di Iran gak ada pabrikan yang bisa memproduksi suatu produk jadi, yang dibutuhkan oleh negeri Barat alias Eropa dan Amrik. Masa iya tha ?

Sejumlah pelayaran global menyatakan akan memepelajari terlebih dulu, sampai sanksi ekonomi benar-benar dilepas. Saat ini embargo memang blon secara resmi dilepas tetapi tinggal siapa yang bisa memanfaatkan peluang, dia yang akan memanen.

Inget nih, baru MSC yang rajin mampir ke Iran.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar