Kamis, 30 Oktober 2014

JT 301014 : Perseteruan Antar Aliansi Memuncak "2M" vs "O3"

Sejumlah pengamat mengamati, mendekati beroperasi 2 (dua) aliansi besar yang tengah berkompetisi dengan kekuatan penuh, di rute andalan pula, menimbulkan spekulasi kurang mengenakkan : harga bakal anjlok.

Nah loh, dampaknya koq malah jadi negatif gini. Saat ini, secara formal-legal, aliansi strategis 2M (Maersk + MSC) dan Ocean 3 / O3 (CMA CGM, UASC, CSCL) sudah mendapat persetujuan dari Federal Maritime Commission (FMC) namun O3 masih bermasalah dengan tatib admin. Bayangkan saja, begitu di-gong-kan gak perlu lama untuk "menggoyang" harga di pasaran.

Kedua aliansi sudah menyiapkan jadual operasi, dan sebagian sudah disosialisasikan kepada para Pelanggan (termasuk pabrikan). Yang terkini, 2M kabarnya tengah menyiapkan 22 string ato loop. Rute yang dikabarkan bakal rame dengan potensi perang tarif adalah Asia - Med.  Waduuuh !

Yang akan bersaing ketat di area Med adalah antara Maersk dan CMA CGM. Keduanya cukup mendominasi dengan pangsa pasar masing-masing diatas 10 persen. Sementara kenaikan kapasitas terpasang bila kedua aliansi ini beroperasi, sedikitnya bakal ada penambahan 14.000 TEUs dalam seminggu.

Tak bisa dipungkiri, menurut analis, pertumbuhan di jalur dagang Med termasuk bagus dengan skala 7 persen artinya masih bisa diimbangi dengan pola lama. Meleburnya pelayaran besar dalam aliansi super, menimbulkan kekhawatiran besar atas ambrolnya tarif. Tak hanya Med tetapi Laut Hitam (Black Sea) dan Adriatik pun akan terkena dampak langsung.

Di sisi lain, hadirnya MSC, UASC dan CSCL yang nota bene juga memiliki pasarnya sendiri, akan ikut mempertaruhkan persaingan harga dan servis di waktu-waktu mendatang. Seperti apakah gambaran persaingan langsung antara 2M vs O3 ?

Tunggu pengumuman resmi hingga bulan depan ato minimal akhir. November 2014. Siapa tahu ada yang baru lagi he he he. Yang pasti sih kalo baca komposisi dan prediksi pengamat, bakal rame nih. Lanjuuuut.

Sumber : Container - Mag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar