Senin, 13 Oktober 2014

JT 131014 : Akhirnya, Aliansi “2M” Bisa Melenggang


Ini kabar gembira dan boleh-boleh aja, para petinggi kedua pelayaran dari Maersk Line dan Mediterranean Shipping Co. (MSC) dan jajarannya merayakan "kemenangan" setelah aliansi strategis yang dinamai "2M" akhirnya mendapat persetujuan dari otoritas terkait di Amrik, Federal Maritime Commission (FMC).

Bukan perkara gampang untuk bisa mendapatkan ijin pembukaan rute ke wilayah Amrik karena prosedurnya yang begitu ketat, khususnya setelah insiden 9/11 yang meluluhlantakan gedung kembar WTC beberapa tahun silam. Kejadian tersebut menjadi trauma berat bagi bangsa Amrik.

Menurut kantor berita Reuters, kerjasama operasi dalam bentuk vessel sharing agreement (VSA) sudah bisa dimulai per awal Januari 2015 mendatang. Salah satu pejabat dari 5 komisioner FMC, Richard Lidinsky mengingatkan agar otoritas terkait membuat skema monitoring yang mumpuni – sebagaimana direkomendasi CSA / China Shippers Association.

Aliansi 2M akan menggabungkan sebanyak 185 unit kapal berbagai ukuran, dan bakal dioperasikan di east-west trade sistem conveyor-belt tetapi masing-masing pelayaran memiliki kebijakan penjulana yang independen.

Dengan terbentuknya aliansi 2M, Maersk Line dikabarkan bisa menghemat hingga USD 350 juta per tahun dan angka yang cukup fantastis. Aliansi 2M terbentuk, setelah P3-network (Maersk, MSC, CMA CGM) ditolak oleh otoritas pemerintah Tiongkok bulan Juni 2014 lalu.

Alasan Kementerian Perdagangan (Ministry of Commerce) Tiongkok menyampaikan alasan penolakan P3-network bahwa market share ke-3 pelayaran tersebut terlalu besar dan dikhawatirkan bisa menimbulkan kartel baru.

Selain Amrik, aliansi 2M harus mendapat persetujuan otoritas terkait di Eropa dan Tiongkok namun keputusannya belum bisa diperoleh dalam waktu dekat. Biasanya sih, kalo sudah lulus dari kajian FMC lebih mudah. Satu perkecualian dengan P3-network lalu.

Untuk diketahu bersama, pangsa pasar  2M di hampir semua lini memang dominan. Semisal, Asia-Eropa (AE) 35 %, Trans Atlantik (TA) 31 % dan Trans Pasifik (TP) 22 % - demikian menutut laporan FMC.

Rujukan terkait pembentukan aliansi baru 2M dan sekitarnya, baca JT 101014 : “CSA” Cermati Perkembangan “VSA”,  JT 071014 : Versi Pengamat, “2M” Berisiko, JT 300914 “”FMC” Persulit Aliansi “2M”, JT 230914 : “2M” Umumkan Jadual Kapal, JT 160914 : Konstelasi Aliansi Strategis Akhir tahun 2014, JT 120914 : Petinggi Maersk & MSC (2M) Sambangi Washington dan JT 110914 : Aliansi Ocean 3 Beranggotakan CMA CGM, UASC, CSCL.

Semoga lancar ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar