Selasa, 14 Oktober 2014

JT 141014 : Hong Kong Tambah Panas

Bagi Indonesia, suasana politik ekonomi “panas”, diikuti dengan temperatur udara yang tinggi menjadikan hidup lebih hidup. Bisa-bisa malah senewen he he he. Pelantikan presiden terpilih dan wakil aja masih serame itu isunya, gimana mo tenang ?

Rupiah bisa gonjang ganjing. Rupanya, Indonesia gak sendirian. Negara tetangga yang berada di bawah bayang-bayang Tiongkok yaitu Hong Kong SAR, sejak sebulan lalu sudah diliputi kisruh dan demonstarasi menuntut kebebasan.

Salah kaprah kah ? Ya pasti beda-beda, tergantung sudut pandang masing-masing. Intinya gini loh, setiap warga negara yang berdiam di satu lokasi, memiliki hak menentukan nasib bangsanya.  Boleh berada dibawah kungkungan negara besar ato pilih merdeka dan hidup prihatin ?

Sayangnya nih, aksi demo di Hong Kong blon lama ini disertai aksi kekerasan yaitu pemukulan sejumlah polisi kepada salah satu demonstran , yang belakangan diketahui bernama Ken Tsang Kin-chiu.

Sejumlah polisi yang diindikasi memukul pendemo dan memicu kemarahan warga tersebut, ditahan oleh pihak berwajib. Sekretaris Keamanan Hongkong Lai Tung-kwok mengatakan polisi akan menyelidiki dugaan penggunaan kekerasan berlebihan.

Operasi ini merupakan yang terberat menghadapi pendemo yang sebagian besar pelajar dalam sepekan lebih, dan terjadi setelah pengunjuk rasa menyerbu terowongan di jalan raya empat jalur pada Selasa malam, menghentikan lalu lintas dan meneriakkan tuntutan untuk kebebasan universal.

Sampai kapan demo ini akan berlanjut ? Pengunjuk rasa menuntut demokrasi penuh bagi kota itu. Mereka juga menuntut pemimpin pro-Beijing Leung Chun-ying untuk mundur.

Ikuti terus perkembangannya. Kelamaan demo juga bisa mengganggu aktifitas publik. Semoga tetap tenang dan gak pake tindakan anarkis.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar