Selasa, 07 Oktober 2014

JT 071014 : Versi Pengamat, Aliansi "2M" Berisiko


Pertanyaannya, berisiko buat siapa, gitu khan ? Tergantung sudut pandang masing-masing. Dari sisi pelayaran, koq rasanya jadi ringan bebannya karena saling berbagi dan Pelanggan memiliki banyak pilihan. Potensinya ? Bakal perang tarif.

Ini yang dikuatirkan, tak hanya pengamat, media riset seperti Alphaliner, bahkan European Shipper’s Council (ESC) pun merasakan hal yang sama, Wajar bila pemerintah Tiongkok tempo hari sempat menolak aliansi strategis P3-network.

Terlepas disetujui ato ngga, Maersk Line + MSC bersikukuh dengan kolaborasinya di 2M dan siap-siap juga merilis 22 string di jalur perdagangan timur-barat (east-west trade). Harus diantisipasi peluang terjadi kemerosotan tarif nih. Padahal yang kemarin ini, blon jua pulih.

Prediksi awal, jalur perdagangan yang akan rame dengan fluktuasi harga yakni Asia-Mediterania, dimana anggota Ocean 3 (CMA CGM, UASC, CSCL) mendominasi area ini. Maersk dan CMA CGM bakal beradu disini karena keduanya mendeklarasikan kenaikan 11 persen ato setara dengan 14.000 TEUs per minggu.


Selain Asia-Med yang bakal bergemuruh, area Baltik dan Laut Hitam akan terkena dampaknya. Yang membuat rute ini begitu menarik bagi pelayaran global karena pertumbuhannya di tahun ini saja, sampe saat ini, mencapai angka 7 persen. Siapa juga yang nolak.

Namun dengan pertambahan kapasitas segede itu, bukan mustahil tingkat harga akan terkena dampaknya. Untuk diketahui saja ya, aliansi strategis 2M (Maersk + MSC) tgl 16/07 lalu langsung maujud, setelah pemerintah Tiongkok menolak program vessel sharing agreement P3-network beberapa minggu sebelumnya.

Anggotanya siapa aja sih ? P3-network beranggotakan 3 pelayaran gede : Maersk Line, MSC dan CMA CGM. Namun akhirnya harus ada yang tereliminasi di P3, yakni CMA CGM, yang tak lama kemudian merangkul UASC dan CSCL membentuk Ocean 3.

Kompetisi bakal lebih hebat lagi bila kita berada di lapangan. Yakin banget. Tapi ada baiknya kita tunggu perkembangan lebih lanjut karena 2M maupun Ocean 3 sama-sama masih menunggu persetujuan dari otoritas terkait.

Eng ing eng … bakal penuh kejutan nih.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar