Kamis, 16 Oktober 2014

JT 161014 : Skotlandia Pilih Tetap Bersama Inggeris Raya


Masih ingat Skotlandia, salah satu bagian penting dari imperium terlama Inggeris Raya yang ingin memerdekakan diri ? Ternyata, hasil referendum tempo hari, mayoritas penduduknya lebih memilih berada dibawah naungan kerajaan Inggeris Raya.

Korbannya, Alex Salmond - ketua Partai Nasional Skotlandia (SNP) yang secara resmi kemarin 15/10 mengundurkan diri. Alex merasa gagal mengantarkan Skotlandia menjadi negara merdeka, di usia 59 tahun. Penggantinya adalah Nicola Sturgeon (cewek nih), konseptor utama SNP dan masih berusia 44 tahun.

Dukungan pers terhadap kubu NO (yang menolak pemisahan) cukup kuat di saat itu karena angin perubahan sedang berhembus. Bahkan ada yang sempat optimis Skotlandia akan merdeka penuh. Namun media membeberkan ulasan dampak bila Skotlandia keluar dari persekutuan Inggeris Raya dan juga keutuhan Uni Eropa.

Nah, hasilnya ternyata cukup ampuh menggiring opini NO menguat. Buktinya walau saat kampanye angin YES (pemilih yang setuju Skotlandia menjadi negara mandiri) termasuk kuat, toh saat referendum akhirnya meredup juga. Artinya, sedikit banyak peran media nih cukup penting Bro.

Para pengamat berkeyakinan, kiprah Sturgeon selama ini yang lebih banyak di belakang layar, akan  memberikan ruang gerak bagi pengembangan Skotlandia dan bisa jadi mematangkan diri lagi, sebelum nantinya mengajukan referendum lagi. Siapa tahu ?

Selamat !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar