Rabu, 15 Oktober 2014

JT 151014 : “Maersk Line” Anggarkan USD 3 Milyar Per Tahun Untuk Kapal Baru


Ooops, berlaku mulai kapan tuh ?

Gak tanggung-tanggung, orang klo sudah berbisnis dan punya kepercayaan diri tinggi, langsung hajar bleh. Pastinya dengan pertimbangan matang. Jumlah duitnya aja segede itu. Brrrrrr.

Pelayaran nomor 1 (satu) di dunia, Maersk Line, untuk periode tahun 2015-2019 menganggarkan dana USD 3 milyar per tahunnya untuk membiayai konstruksi kapal anyar dan menjaga eksistensinya sebagai operator kapal kontainer terbesar - demikian sebagaimana dilansir kantor berita "Reuter".

Dalam sebuah presentasi yang diadakan di Kopenhagen, Denmark, pesanan kapal yang saat ini ditorehkan gak bisa menjamin 100 persen dominasi tersebut. Karena selalu ada pihak lain yang ingin menyalip / menyusul posisi leader. Maersk sendiri berkomitmen membangun kapal besar agar memperoleh skala ekonomi yang diharapkan di setiap rute.

Saat ini, Maersk Line mengoperasikan gak kurang dari 500 unit kapal berbagai ukuran. Dan, presentasi tadi bisa ditafsirkan sebagai counter atas isu yang berkembang belum lama ini, saat media riset yang bermarkas di Paris, "Alphaliner" memprediksi bahwa MSC berpeluang besar menggeser posisi Maersk Line berdasarkan konsistensi order kapal baru (current orderbook), setidaknya di tahun 2016. 

Pelayaran asal Denmark ini mengontrol 15 persen pangsa pasar pelayaran global, dengan 20 persen market share fokus di rute Asia - Eropa. Sejatinya, sejak krisis keuangan lalu, harga / uang tambang / ocean freight sudah mencapai batas "gak wajar blaaas" (loss-making levels) tetapi apa mau dikata, realisasi masuknya kapal baru dan gede gak bisa dibendung.

Beruntung bagi pelayaran yang bisa memanfaatkan peluang skala ekonomi seperti yang Maersk Line canangkan. Artinya, lewat strategi baru seperti aliansi dan penghematan bahan bakar, profit masih bisa diraih walau butuh perjuangan dan do'a.

Rujukan sebelumnya, terkait kompetisi antar pelayaran global, silahkan baca JT 131014 : Aliansi “2M” Akhirnya Melenggang, JT 250914 : “Maersk Line” Pakai Triple-E Di AE-10, JT 230914 : “2M” Umumkan Jadual Kapal, JT 160914 : Konstelasi Aliansi Strategis Akhir Tahun 2014 dan JT 060914 : “MSC” Bakal Salip “Maersk Line” Di Tahun 2016.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar