Jumat, 10 Oktober 2014

JT 101014 : "CSA" Cermati Perkembangan "VSA"


Istilah "vessel sharing agreement" (VSA) kini mulai sering dipergunakan lagi, setelah dalam beberapa tahun belakangan lebih memilih buying-slot ato terminologi lainnya. VSA muncul setelah aliansi strategis P3-network ditolak otoritas pemerintah Tiongkok dan akhirnya menjelma menjadi aliansi 2M, kepanjangan dari inisial 2 (dua) pelayaran besar : Maersk Line dan Mediterranean Shipping Co. (MSC).

CMA CGM awalnya anggota P3-network namun sehubungan dengan terbitnya penolakan tersebut, pelayaran Perancis ini akhirnya tereliminasi dari P3. Kini, CMA CGM sudah kembali sumringah setelah menemukan rekan kerja yang sepadan, yakni CSCL dan UASC, serta membentuk Ocean 3.

Saat ini, China Shippers' Association (CSA) yang merasa berkepentingan dengan pengusaha, menilai pemerintah Tiongkok agar bisa mencermati dan mengevaluasi dengan baik, apa dan siapa VSA yang akan masuk Tiongkok. Pasalnya, indikasi perang tarif sudah ada sejak Juli lalu dan kini semakin menjadi.

Vice-chairman CSA, Cai Jiaxiang mengungkapkan lemahnya otoritas pemerintah Tiongkok untuk memonitor aktifitas pemain VSA. Kurangnya pemberdayaan bisa menciptakan ketimpangan di stabilitas harga dan Kementerian Perhubungan harus diberdayakan dengan kumpulan statistik.

Cai menekankan dan merujuk peran otoritas di Uni Eropa yang responsif serta meminta masukan asosiasi dan pengusaha saat menghadapi munculnya isu baru, sehingga benar-benar bisa mengakomodir kebutuhan dan keperluan pemilik barang.


Terlepas adanya isu price-fixing, ada ato tidaknya aliansi strategis, tetap akan ada dimana pun juga. Aliansi 2M dengan pangsa pasar hampir 30 persen bisa memonopoli suatu jalur perdagangan, bahkan bila Maersk Line sekalipun dengan kekuatan armada yang dimilikinya, rasanya bisa melakukannya.

Nah, karena tempo hari disinyalir P3-network ada indikasi bakal merger dan pangsa pasarnya sudah diatas 30 persen maka sangatlah membahayakan pemain global lainnya. Sehingga pilihan terpahit yang harus diambil yakni menolak keberadaan aliansi strategis ato juga VSA.

Cermati terus perkembangna VSA ato juga isu terkait lainnya, silahkan comot disini aja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar