Senin, 06 Oktober 2014

JT 061014 : “COSCO Denmark” Jadi Kapal Terbesar di TP


COSCO Container Line (Coscon) baru aja dapat kiriman kapal anyar “COSCO Denmark” (13.386 TEUs) dan rencananya bakal dioperasikan di rute Trans Pasifik (TP). Bila benar, maka kapal ini akan menjadi kapal kontainer terbesar yang beroperasi disana.

Kapal ini dibangun di galangan milik sendiri, Nantong COSCO KHI Ship Engineering (NACKS) dan COSCO memesan 8 unit kapal sejenis. Harga satuannya sekitar USD 166,8 juta dan kapal ini dipesan sejak bulan Mei 2008 lalu – demikian sebagaimana dilaporkan Alphaliner.

NACKS merupakan perusahaan patungan antara COSCO dan Kawasaki Heavy Industries, yang juga dikenal sebagai Nantong Ocean Ship Engineering (NOSEC), yang telah membangun 4 (empat) kapal berkapasitas 9.850 TEUs di tahun 2008 lalu.

Kapal ini baru diserahterimakan sekarang karena akibat gejolak ekonomi global, COSCO meminta pengirimannya diundur selama 12 bulan. Kondisi ini dialami oleh hampir sebagian operator, karena si-kon ekonomi global yang carut marut maka mereka minta diundur max 12 bulan.

Seperti biasa nih, usai diresmikan, kapal anyar ini langsung menyosor ke pelabuhan Vostochny, Rusia untuk mengisi bahan bakar (yang harganya relative kompetitif), setelah itu lalu bergabung di servia Asia – Amrik pantai timur yang bernama HTW/SEA.

Kapal ini ngga cuma bakal jadi yang terbesar di TP tetapi juga kapal terbesar yang dioperasikan COSCO di jalur dagang prospektif ini. Sekarang, COSCO mengkaryakan 5 x 13.092 TEUs dimana 3 diantaranya disewa oleh Evergreen.

Congrats bozz.

Sumber : Dari Sana-sini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar