Kamis, 28 April 2011

JT 280411 : CSCL & CMA CGM Peroleh Kapal Baru

Kalo ngomong kapal terbesar, bisa dipastikan pelayaran RRCina yang tergolong agresif China Shipping Container Lines (CSCL) pasti mendapat kehormatan bisa menjadi pemilik kapal gede (ka-ge) sebelum digeser lagi oleh yang lain.

Belum lama ini CSCL mendapatkan kapal ke-2 dari total order 8 unit, seri 14.074 TEUs. Galangan yang mendapat kepercayaan CSCL membangun kapal ini adalah Samsung Heavy Industries (SHI). Harga satuan kapal ini sekitar USD 170 juta.

Kapal barunya dinamai CSCL Venus, akan dioperasikan di rute Far East – Europe ato AEX 1/ CEM hasil kerja bareng CSCL – Evergreen, demikian menurut catatan Alphaliner. Kapal ini dijuluki ato masuk kelas neo-overpanamaxes.

Sementara itu, pelayaran asal Perancis, CMA CGM, juga menerima 2 (dua) kapal kembar sekaligus berkapasitas 11.388 TEUs dari galangan Hyundai Heavy Industries (HHI), orderan tahun 2006 lalu. Pelayaran yang bermarkas di Marseiles ini sempat dihajar krisis di tahun 2009 lalu.

Setelah sembuh dari sekarat, pelayaran nomor 3 dunia ini kini mulai kembali bangkit. Dua kapal kontainer kembar tersebut dinamai CMA CGM Titan dan CMA CGM Cassiopea. Rencana penempatan di rute Asia – Eropa FAL 1.

Kapal kembar ini merupakan kapal ke-9 dan ke-10 dari total order 12 unit. Berarti hanya tersisa 2 unit lagi dan kedepannya, kapal-kapal ini akan menggantikan kapal berukuran 8.500 hingga 9.500 TEUs di FAL 1. 

Congrats. Semoga lancar dan sukses.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar