Rabu, 20 April 2011

JT 200411 : NOL Untung USD 461 Juta !

Ini merupakan buah kerja keras dan keberuntungan di tahun 2010. Siapapun mengakui bahwa tahun 2010 merupakan tahun tajir karena volume naik begitu bagusnya sehingga (hampir) semua pelayaran dibuat terpana dengan hasil akhir.

Neptune Orient Lines (NOL) pun termasuk salah satu induk pelayaran yang menikmati hasil besar, saat afiliasi mereka (termasuk perusahaan logistiknya), mencetak laba USD 461 juta, berbanding terbalik dengan hasil 2009 minus (merugi) USD 741 juta !

Permintaan pasar yang begitu yahud dengan didukung kenaikan harga saat itu, menjadikan stabilitas harga bisa terjaga hampir sepanjang tahun. Namun keadaan di tahun ini akan sedikit berbeda karena munculnya isu strategis perompakan di Somalia, kenaikan harga fuel dan masuknya ka-ge.

Kapal gede (ka-ge) merupakan kekhawatiran tersendiri karena konstruksinya telah diputuskan jauh-jauh hari. Sekarang ini tinggal menuai hasil, membuka daerah baru untuk menghindari kemungkinan terjelek, yakni perang harga.

Dari APL, rata-rata freight yang didapat selama 2010 USD 2.787 / FEUs ato naik 22% dibanding rata-rata freight 2009. Kenaikan volume sekitar 24% sedangkan utilisasi ruang kapal di tahun 2010 mencapai 94%. Ini sih yang boleh dibilang bagus banget Bro’.

Congrats ya,  back in black nih ceritanya he 3x.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar