Kamis, 14 April 2011

JT 140411 : Amrik Kesulitan Tangani Kapal Gede

Gembar-gembor Amrik sebagai negara kapitalis yang mampu membangun apa saja, ngga bisa sepunuhnya maujud, Duit bisa segambreng tapi setelah dihajar krisis tahun 2009 lalu, nyaris jadi negeri kere juga.

Heboh pembangunan kapal kontainer berkapasitas 18.000 TEUs oleh Maersk Line, selain mematahkan spekulasi selama ini, juga membuat otoritas pelabuhan di negeri Paman Sam  berpikir keras untuk bisa mengakomodir isu ini.

Kapal terbesar saat ini yang dioperasikan pelayaran global memiliki ukuran antara 10.000 hingga 14.000 TEUs. Kedepannya, Maersk Line bersiap membuat kompetisi bertambah tajam dengan intro kapal yang memiliki ketinggian hingga 9 tingkat (nine high).

Namun setelah dicek lagi, pelabuhan Amrik pantai barat (U.S West Coast – USWC) yang memiliki 50 unit cranes, ngga ada yang bisa meng-handle ketinggian 9 high – demikian penjelasan Ed DeNike (Presiden SSA Marine dalam acara Trans-Pacific Maritime Conference

Repotnya lagi, bila cranes ngga cocok dan harus diganti dengan ukuran yang lebih besar (dalam beberapa kasus gagal) maka mau-tak-mau akan merubah disain pelabuhan juga. Jadi, kapal gede memiliki keterbatasan pilihan pelabuhan bongkar.

Butuh kajian lebih lanjut dan kita juga tertarik memantau perubahan yang terjadi. Amrik gitu ‘loh. Waktu bergulir terus dan harus berubah ato Amrik bakal ketinggalan jaman ? Back to the past ? Ngga lah yaw. Generasi baru kapal kontainer sedang berproses.

Watch out !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar