Sabtu, 09 April 2011

JT 090411 : Reuni 5 Kapal IRISL

Setelah melewati masa-masa sulit dan perjuangan melelahkan, Islamic Republic of Iranian Shipping Lines (IRISL) akhirnya berhasil mendapatkan kembali kapal-kapalnya yang sempat ditahan di sejumlah negara akibat ulah Amrik.

Kebiasaan Amrik tuh, kalo kebijakan luar negeri orang lain ngga cocok, diobok-obok deh. Sekarang ini, sejumlah negara tengah diobok-obok, dengan memanfaatkan isu demo dan diktator. Masalah klasik tetapi tetap jitu untuk menumbangkan kekuasaan.

Adalah Amrik yang keki banget dengan ulah Iran, yang diindikasi memiliki kekuatan senjata nuklir. Sama seperti kasus Irak, Amrik cuma bilang punya senjata pembunuh massal walau akhirnya, semua itu ditujukan ke penguasaan ladang minyak. Ngga malu yeee.

Kembali ke IRISL yang dikenai sanksi oleh Amrik, dengan membekukan semua aset yang terkait dengan ekonomi Iran, termasuk operasi 5 (lima) unit kapal kontainer barunya Tahun lalu, ke-5 kapalnya ditahan setelah turunnya keputusan sanksi

Tiga kapal ditahan di Singapura (dilepas Jan 2011),1 (satu) unit di Hong Kong (dirilis Feb 2011) dan 1 (satu) lainnya di Malta. Kapal ke-5 baru saja dilepas minggu lalu – demikian pernyataan Chairman IRISL, Mohammad Hossain Dajmar.

Senang pastinya, bisa mengumpulkan 5 kapal terbaru dan sempat ditawarkan kepihak lain untuk dilego. Untungnya ngga ada yang berminat, bisa jadi karena dunia tengah mengalami kapasitas berlebih (overcapacity) sehingga dikhawatirkan bisa terjadi perang tarif.

Sanksi yang diperoleh IRISL tahun lalu merupakan yang terkeras sehingga mengganggu semangat kerja dan aktifitas komersil pelayaran Republi Islam Iran ini. Kedepannya mereka akan lebih berhati-hati dan ekspansif.

Semoga sukses dan setidaknya ke-5 saudara kembar kapal IRISL sudah kembali ke pangkuan ibu pertiwi he 3x. Simak liputan sebelumnya terkait isu Iran di JT 061110 : Iran Tunggu Investigasi Kapal CMA CGM.

Untuk yang terkait dengan isu IRISL, silahkan baca JT 080111 : Singapura Lepas Kapal IRISL, JT 241210 : Sanksi Baru Bagi IRISL dan JT 181210 : Silang Sengketa Kapal IRISL. Semoga bermmanfaat.

Sunber : Dari Sana-sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar