Jumat, 31 Desember 2010

JT 311210 : Refleksi 2010 – Tahun Ka-ge Alias Mega Ship

Catatan akhir tahun 2010, akan coba merangkum sejumlah kejadian terpopuler di industri transportasi, kebanyakan sektor pelayaran. Ngga detil-detil banget cuma pastinya cukup membuat bulu kuduk merinding. Kenapa juga musti lebay ya ... hue he he.

Asal tahu aja nih, jumlah pengiriman kapal gede (ka-ge) ato lazimnya dikenal dengan mega-boxship selama tahun ini saja, mencapai 61 unit – suatu jumlah yang langka sejak tahun 2006 dan ngga pernah kejadian lagi sampe di tahun 2010 ini. Luar biasa.

Sebut saja, selama tahun 2006 hanya ada 2 unit pengiriman kapal berkapasitas 10.000 TEUs namun di tahun 2010 meningkat tajam hingga 29 unit. Dahsyatnya lagi, tahun 2011 akan diisi dengan munculnya kapal 14.000 TEUs.

Menurut Alphaliner, pelayaran asal RRCina, China Shipping Container Lines (CSCL), akan menjadi perusahaan pertama yang mendapat seri 14.000 TEUs (mulai bulan Januari) dan lima lainnya menyusul, sedangkan sisanya 2 unit dikirim tahun 2012.

Total kapasitas very large containership (VLC - sebutan lain ka-ge) mencapai 657.000 TEUs ato mencakup 48% dari total pesanan kapal anyar di tahun 2010. Jumlah ka-ge tahun depan diperkirakan 76 unit, 49 diantaranya berkapasitas 10.000 TEUs dan diatasnya deh.

Mayoritas ka-ge dioperasikan di rute Asia – Eropa dan sisanya masuk jalur Asia – Amrik ato Eropa – Amrik. Kebanyakan ka-ge bakal dikirim Januari – Mei 2011 sehingga dalam masa ini akan terjadi banyak perubahan servis dari pelayaran global.

MSC – rencananya akan mendapat 19 unit ka-ge baru di tahun 2011 – dengan agregat 370.000 TEUs dan pertumbuhan armadanya berkembang pesat, dari 1,49 juta TEUs di bulan Januari 2010 menjadi 1,86 juta TEUs menjelang akhir tahun ini.

Dengan statistik diatas, MSC kembali mendekati posisi Maersk Line sebagai top-placed ocean carrier yang memiliki pertumbuhan agak ngerem, dari 2,04 juta TEUs menjadi 2,15 juta TEUs ato pertambahan sebanyak 110.000 TEUs doank.

Maersk Line memiliki 9 x 13.000 TEUs untuk masa pengiriman antara Januari hingga Juni 2011. Kelihatannya akan berkolaborasi dengan Green Alliance ato CKYH yang berencana mengoperasikan NE-6 (Asia – Eropa) dan AWE-6 (Asia – Amrik pantai barat).

CMA CGM selaku pelayaran terbesar ke-3 (setelah Maersk dan MSC), memiliki ka-ge juga di tahun 2011. Totalnya mencapai 16 unit, 8 diantaranya berkapasitas 10.000 TEUs. Ka-ge ini akan dioptimalkan di rute Asia – Eropa.

Sementara Evergreen, APL, HMM dan MOL ngga begitu agresif di tahun 2011. Biasa-biasa aja ‘lah tetapi setelah itu, ceritanya akan lain. Pun dominasi kapal antara 5.000 – 8.000 TEUs akan menyebar ke daerah pinggiran, seperti Afrika dan Amerika Latin.

Sebagai tambahan info. NOL (induk APL) menginformasikan, pembiayaan konstruksi kapal baru yang kepalang dipesan ke Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), pada prinsipnya sudah 78% bisa terpenuhi.

Total budget pembelian 12 unit kapal USD 1,2 milyar, masing-masing 10 x 8.400 TEUs dan 2 x 10.700 TEUs dengan masa pengiriman antara tahun 2012 hingga 2014. USD 926 juta sudah disiapkan oleh pihak peminjam sementara sisanya akan menggunakan kas internal.

Bagaimana prediksi rute domestik alias antar-pulau ? Serupa tapi tak sama dengan kondisi diluar sana, bedanya ukuran kapal lebih kecil. Maklum saja coastal-to-coastal akan berbeda dari spesifikasi kapal kontainer waaah di luar negeri.

Pulau Kalimantan dan Sulawesi akan menjadi incaran utama pelayaran domestik untuk berekspansi-ria karena potensi volume disana yang menjanjikan. Pulau Sumatera dan Papua menjadi lokasi potensil bagi mereka yang ingin menjadi perintis karena infra-struktur apa adanya.

Diperlukan kapal-kapal kontainer yang memiliki derek (crane) sendiri agar pola operasi di pelabuhan-pelabuhan kecil di daerah bisa optimal. Bila mengandalkan alat dari luar seperti harbour mobile crane (HMC) ato peralatan dari luar, ya gitu deh.

Terserah masing-masing Operator seh, bila jeli niscaya bisa menyiasati setiap keunikan pelabuhan nusantara yang begitu bervariasi. Kita serahkan kepada ahlinya saja ya. Secara keseluruhan pasar domestik tetap menjanjikan dan perlu inovasi-inovasi baru supaya ngga jenuh.

Di kesempatan ini, sebelum tutup tahun 2010, kami ingin menyampaikan “SELAMAT TAHUN BARU 2011”, semoga beroleh sukses lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Amin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar