Selasa, 21 Desember 2010

JT 211210 : Kapasitas Kapal Kontainer 2010 Naik Pesat

Hal ini sebenarnya disadari penuh oleh pelayaran global manapun, hanya saja karena sudah kepalang tanggung order kapal gede (ka-ge), jadi ngga ada pilihan selain mengadu strategi dan bertempur mati-matian mendapat porsi yang selayaknya didapat.

Ngga ada yang memungkiri bahwa rute kojo dan paling diandalkan oleh pelayaran besar, apalagi kalo ndak Far East-Europe (baca : Asia-Eropa) dan Asia-Amrik. Hanya saja, setahun setelah terjadinya perang samar-samar di tahun 2009 akibat krisis keuangan global tempo hari, semuanya pasang kuda-kuda. Apapun risikonya, harus siap ditanggung, termasuk indikasi perang tarif.

Kapasitas terpasang kapal kontainer di rute Asia-Eropa termasuk paling maut. Kenaikannya cukup besar hampir 1/5, dari 311.000 TEUs (Januari 2010) dan kini mendekati 375.000 TEUs (Desember 2010). Volume di awal tahun hingga Agustus 2010 cukup menggiurkan namun setelah itu, cenderung turun dan harga terkerek pula terjun bebas - demikian menurut laporan Alphaliner.

Pelayaran-pelayaran global mengabaikan himbauan untuk menahan diri, termasuk menahan operasional ka-ge untuk menghindari situasi over-capacity. Kenyataannya, sejak Juli 2010, freight terus menukik hingga di pasar spot ada  harga USD 1.200/TEU dari Shanghai ke Eropa. Sejauh ini belum ada kesepakatan untuk melakukan kompromi.

Melajunya Maersk Line dengan aktivasi AE-9 di akhir Desember ini dan re-aktivasi Loop D milik Grand Alliance (G.A) akan berkontribusi atas ketatnya persaingan kargo. Loop D sebelumnya beroperasi dengan frekuensi 2 mingguan, kedepannya menjadi mingguan. Belum lagi, Green Alliance (CKYH) di awal tahun 2011 akan mengoperasikan string ke-6, yakni NE-6.

NE-6 diluncurkan sehubungan dengan terwujudnya kesepakatan antara COSCO, "K" Line, Yang Ming dan Hanjin Shipping agar string ke-6 ini digawangi oleh kapal-kapal terbarukan yang disewa oleh COSCO dan Hanjin.  Setidaknya, ada 10 x 8.500 - 10.000 TEUs di NE-6 kelak. 

Realisasinya, tinggal tunggu tanggal mainnya. Dijamin seru dan bakal memperseru kompetisi, khususnya rute Asia-Eropa. Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar