Sabtu, 04 Desember 2010

JT 041210 : GL Perkirakan Malaccamax 18.000 TEUs Maujud

Berlanjut atau tidakkah perkembangan kemampuan angkut kapal kontainer di tahun-tahun mendatang ? Sepertinya ukuran kapal sepanjang 3x lapangan sepakbola sudah cukup mencengangkan.

Kenyataannya, ngga juga tuh. Dunia ngga pernah puas, khususnya manusia yang senantiasa haus dengan kebanggan dan supremasi, disamping alasan skala ekonomis he 3x. Artinya kapal akan terus menggembung.

Biro klasifikasi internasional yang bermarkas di Hamburg, Germanischer Lloyd (GL), justru memandang isu rencana pembuatan kapal 18.000 TEUs yang digagas Maersk Line dan DSME merupakan tonggak sejarah baru.

Generasi baru kapal kontainer segede ini, disebut GL dengan Malaccamax-class dan dipastikan tengah berproses, walau beberapa waktu lalu saat isu ini dihembuskan, sehari kemudian pihak Maersk Line membantahnya.

Cetak biru kapal generasi baru ini menyebutkan, kapal ini bisa melintasi Selat Malaka yang terletak antara Malaysia dan Indonesia namun semua pelabuhan diingatkan agar bisa menyiapkan crane berdaya jangkau 22 rows (lebih dari 60 meter)..

Sebelumnya, pelayaran asal Denmark ini dilaporkan bakal memesan 10 x 18.000 TEUs namun ada juga yang menyebutkan total order 20 unit. Namiun semua masih menjadi buah bibir.

Satu bocoran yang bisa diketahui, kapal ini akan menggunakan bahan bakar gas alam cair (liquified natural gas – LNG) karena alasan lingkungan dan keuangan.

Salah satu petinggi GL, Hermann Klein yang menjadi advisor proyek disain Malaccamax ini menginformasikan Llolyd’s List (LL), ukuran kapal memiliki tren semakin membesar.

Namun Klein sepakat dengan pendapat Garry Wang (Seaspan), kebutuhan kapal akan senantiasa ditentukan oleh waktu jua. Artinya, secara kapal semakin besar, bukan hal yang mustahil dan disesuaikan kebutuhan.

Sekarang tinggal menunggu, siapa yang akan menjadi inovator dan pengikut ? Selamat berakhir pekan ya. Jangan lupa simak rujukan JT 301110 dan JT 291110 buat melengkapi wacana Pembaca semua..

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar