Selasa, 28 Desember 2010

JT 281210 : Thor Nexus Dibajak Saat Di Hari Natal

Bagi umat Nasrani, hari Natal merupakan hari penuh berkah namun tidak demikian dengan nasib kapal kargo Thor Nexus yang diawaki 27 kru. Mereka dibajak saat perayaan hari suci dan menambah deretan pelaut yang berhasil ditawan : 601 orang selama tahun 2010.

Perompak Somalia dikenal doyan duit tebusan dan rada sadis. Kalo ngga dibayar, bisa dibunuh. Kapal Thor yang berbobot 20.377 dwt, dibajak tanggal 25/12 saat Natal sekitar 450 mil laut dari kepulauan Socotra, sekitar Lautan Hindia – demikian laporan EU Navfor.

Pada saat serangan terjadi, kapal ini sedang dalam perjalanan dari Bangladesh ke Jebel Ali, Uni Emirat Arab (UEA). Semua kru berkebangsaan Thailand demikian ungkap Andrew Mwangura (East african Seafarer Assistance Programme).

Para pengamat berargumen, kisruh di pentas biz ini akan terus berlanjut walau sarana pendukung seperti pasukan pengawal multi bangsa dioperasikan, kenyataanya ngga berkutik koq. Aktifitas perompak menanjak sejak jatuhnya rezim presiden terguling Mohamed Siad Barre tahun 1991 lalu.

Sekarang, perompak Somalia sudah keburu populer dan mendunia sehingga untuk memberantasnya, perlu upaya ekstra. Semoga berhasil. Bravo Somalia, prihatin Thor.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar