Rabu, 29 Desember 2010

JT 291210 : Afrika Selatan Gabung, BRIC Menjadi BRICS

Siapa juga ngga kenal BRIC. Ternyata setelah ditanya kesana kemari, banyak juga yang kurang paham. Bukan berarti ngga ngerti cuma kurang baca sehingga sempat tertinggal info terkini di dunia biz saat ini. Lelah dengan isu politik atau gosip ? Ya sudah ... baca ini saja.

Jumat lalu (24/12), pemerintah Afrika Selatan (Afsel) diundang oleh anggota BRIC yang terdiri dari Brazil, Rusia, India dan Cina sebagai "emerging nations" dan menyemarakkan serta menambah gerbang baru di benua Afrika. Makanya setelah Afsel join, nama BRIC akan berubah menjadi BRICS, tambahan “S” = South Africa.

Cina saat ini bertindak sebagai pemimpin BRIC (dirotasi ‘loh secara berkala) dan mengundang Afsel sebagai anggota penuh (full member) di pertemuan puncak sesi mendatang. Kabarnya, hal ini sudah disetujui oleh anggota BRIC lainnya.

Menurut catatan Dana Moneter Internasional (IMF, International Monetery Fund) bila BRIC + Afsel maujud maka akan mendorong pertumbuhan global di tahun 2014 serta mendominasi perdagangan dunia dengan porsi 61%. Hanya BRICS doank ? 

Presiden RRCina Hu Jintao telah mengirim surat undangan resmi kepada Presiden Afsel Jacob Zuma dan pertemuan pemimpin puncak BRIC ke-3 akan dilaksanakan di kuartal 3 – 2011. Luas Afsel hanya seperempat Rusia tetapi potensi dan pengaruhnya di Afrika sangat strategis.

Apa sih BRIC itu ? Istilah ini diperkenalkan oleh ekonom Goldman Sachs, Jim O’Neil di tahun 2001 lalu, untuk menggambarkan kekuatan ekonomi baru dengan kapasitas hampir setengah pertumbuhan ekonomi global, antara tahun 2000 dan 2008.

Anggota BRIC (asumsi Afsel selama ini belum join) ngga mengikat satu sama lain tetapi berkeinginan memperkuat kerjasama ekonomi dan menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi (summit) secara reguler.

Namun para pengamat ekonomi dan juga pencetus BRIC kurang sepaham dengan ide Hu Jintao. Alasannya, kekuatan ekonomi Afsel belum setara dengan 4 (empat) anggota yang ada saat ini. Secara populasi dan indikator lain, Afsel masih jauh dari cocok join di BRIC.

Lain pemikiran setiap orang, apalagi kalau sudah dibumbui berbagai kepentingan. Ya gitu deh. Cocok ngga cocok, dicocok-cocokin he 3x. Moga-moga sedikit ada gambaran ya tentang apa itu BRIC dan siapa pencetus awalnya.

Selamat berkarya. Tetap semangat dan baca terus perkembangan ekonomi dunia, khususnya info dunia transportasi disini. Good luck.

Sumber : AFP-BT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar