Jumat, 17 Desember 2010

JT 171210 : CSAV Ke SHI, H-L Ke HHI

Musim order kapal baru, mulai menggeliat lagi ? Ya gitu deh, kayaknya. Hal ini terlihat dalam beberapa bulan belakangan dimana Maersk dan OOCL dikabarkan mulai melihat optimisme di tahun-tahun mendatang. Kini CSAV dan Hapag-Lloyd (H-L) ikut berpikir ke arah sana.

Pelayaran asal Cile, CSAV, kabarnya sudah sepakat untuk membangun 2 x 8.000 TEUs dengan opsi tambahan 2 x 8.000 TEUs berikutnya, di galangan kapal Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan. Harga per unitnya disebut-sebut USD 90 juta.

Kapal ini akan diserahkan pada bulan Juni dan Juli 2012. Pelayaran yang berasal dari Amerika Latin ini di saat krisis keuangan global tahun 2009 lalu nyaris rontok, tetapi bersegera melakukan restrukturisasi atau langkah yang pas. Jadi selamatlah dia.

Di benua berbeda, pelayaran Jerman yang juga sempat terkena demam krisis keuangan global tempo hari, kini berancang-ancang membangun armada berkapasitas 13.000 TEUs, yang akan dibuat 4 unit dulu. Galangan yang dipilih Hyundai Heavy Industries (HHI).

Selain kapal gede (ka-ge) diatas, H-L berniat meremajakan armadanya dengan memesan 6 x 8.749 TEUs. Chairman H-L, Michael Behrendt menulis dalam pernyataannya, H-L sudah siap bertarung kembali di jagad maritim, Itu intinya.

Untuk diketahui, 3 (tiga) raksasa galangan kapal Korea Selatan tengah bersiap menerima order gede-gedean awal tahun 2011 mendatang dan ngga tanggung-tanggung, ada yang menyiapkan disain kapal 20.000 TEUs. Ke-3 shipyard tersebut : SHI, HHI dan DSME.

Syukurlah kalau semuanya sudah kembali normal, khan karyawan rada tenang kerjanya he 3x. Ngga deg-deggan kayak tempo hari saat krisis, waduk kena PHK ngga nih ye, bubar jalan ngga ya dan lain sebagainya.

Stay cool Guys. Have a nice weekend.

Sumber : STA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar