Selasa, 14 Desember 2010

JT 141210 : OOCL Siap Order Kapal Gede

Belum beres nego antara pihak OOCL dengan CSBC Shipyard (Taiwan) untuk membangun kapal baru, ehh kini nongol lagi isu lebih dahsyat, masih dari pelayaran yang bermarkas dari Hong Kong. Ada indikasi OOCL bakal ngorder kapal gede (ka-ge).

Media cetak setempat, South China Morning Post (SCMP), melansir bahwa pelayaran berlogo bunga plum ini berniat membangun kapal berkapasitas antara 8.000 – 13.000 TEUs. Asal tahu aja, kapal setipe 13.000 TEUs hanya bisa dioperasikan di rute Asia – Eropa doang.

Pelabuhan di Amrik aja belum mampu mengakomodasi kapal sebesar 13.000 TEUs, bisa dibayangkan donk. Untuk Intra-Asia pun - yang banyak memiliki pelabuhan besar dan tersibuk didunia - masih belum bisa mengakomodasi. Kegedean bo ! BIG size ha 3x.

Direktur Perencanaan Corporate OOCL, Stephen Ng, sejauh ini menyadari hal tersebut dan tim yang diturunkan, tengah melakukan eksplorasi terus menerus. Jadi masih dalam kajian dan belum menjadi keputusan. Namun untuk 6 x 8.888 TEUs tetap siap diwujudkan.

OOCL saat ini mengoperasikan kapal terbesar 6 x 8.063 TEUs yang dibuat oleh galangan kapal ternama Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI). Untuk kapal 8.888 TEUs galangan yang dipercaya adalah Hudong-Zhonghua Shipbuilding. Rencana pengiriman mulai 2011 hingga 2013.

Wooow, mantap nian perencanaan mereka. Kita patut belajar banyak dari OOCL. Setuju ?

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar