Rabu, 01 Desember 2010

JT 011210 : Zim (Juga) Untung Di Kuartal 3

Hampir semua pelayaran mengindikasikan bahwa di tahun 2010, pendapatan mereka membaik dibandingkan hasil 2009. Zim Line aja yang sempat ngos-ngosan untuk bisa lepas dari himpitan krisis likuiditas, nyaris tergilas. Bersama Hapag-Lloyd (H-L) dan CSAV pelayaran 'bermasalah' ini kini malah melaju bak meteor.

Pelayaran yang mengibarkan bendera Israel ini berhasil meraih profit USD 37 juta selama kuartal 3 (Jul-Sep), berbalikan dengan hasil tahun lalu di periode yang sama, merugi USD 208 juta ! Freight rate rata-rata meningkat dari USD 1.027 per TEU menjadi 1.496 per TEU sedangkan volume yang di-handle tumbuh dari 455.000 TEUs menjadi 596.000 TEUs.

Chairman Zim, Nir Gilad yang juga CEO induk Israel Corp. mengakui hasil positif, selain karena hasil evaluasi internal, pun dikarenakan membaiknya kondisi perdagangan global. Hasil ini masih semu dan belum mengukuhkan pendapatan aslinya karena bisa saja sewaktu-waktu industri pelayaran mengalami pukulan telak lagi. 

Jadi, jangan pada syukuran dulu. Tunggu laporan tutup tahun (full year report) he 3x. Ngga jadi deh bagi-bagi bonus, pfffuih ... nasib.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar