Jumat, 29 Oktober 2010

JT 291010 : Aksi Mogok Lumpuhkan Sistem Transportasi Perancis

Aksi solidaritas yang ditunjukkan kamu pekerja di Perancis memang maut. Setidaknya, hingga saat ini mereka berhasil melumpuhkan sistem angkutan transportasi nasional dengan menyisakan antara 10 hingga 20% doang. Aksi reformasi atas isu pensiun yang dicanangkan oleh Presiden Sarkozy kini malah telah menyebar kemana-mana sehingga semakin menyulitkan pihak pemerintah.
Pimpinan aksi demo bahkan mengancam lebih keras, bila ruang negosiasi ngga diperkenankan. Sejumlah sektor terhambat oleh aksi mogok kerja yang melibatkan hampir semua pekerja di sektor transportasi, semisal pekerja pompa bensin (SPBU), kereta api, bandar udara hingga sektor kepelabuhanan. Pokoknya, mogok total ! Lokasi penyulingan minyak menjadi target incaran pendemo dan seolah terjadi persaingan untuk melabrak dan mempertahankan pabrik penyulingan karena saking strategisnya.


Polisi berhasil membebaskan bokade di depo minyak Saint-Pierre-des Corps. Disisi lain, pihak pendemo malah berhasil mengambil-alih depo minyak di Fos-sur-Mer dan merupakan salah satu yang terbesar di selatan Perancis. Sejumlah SPBU kekeringan dan ngga mendapat pasok yang cukup. Akibatnya BBM jadi barang langka.


Pemerintah mengaku menderita kerugian besar akibat aksi mogok kerja kali ini dan bakal membebani pemerintah dengan nilai euro 3 milyar dan bisa berpengaruh atas sistem perekonomian nasional yang baru pulih dari krisis global.

Selanjutnya ? Tetap pantau perkembangan lebih lanjut. Perancis krodit Bro' dan berisiko ambil muatan kesana saat ini. Waspada dan waspada saja.


Sumber : EFT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar