Jumat, 15 Oktober 2010

JT 151010 : Perancis Kembali Diguncang Aksi Mogok

Hantaman bertubi-tubi di sektor angkutan belakangan ini cukup merepotkan otoritas berwenang di Perancis. Setelah sebelumnya dihantam ancaman buruh-buruh pelabuhan yang menolak swastanisasi dan pensiun dini, sekarang giliran burh kereta api yang berteriak lantang. Isunya serupa koq.

Kabar terakhir menyebutkan, gelombang aksi mogok yang dilaksanakan buruh kereta api milik pemerintah Societe Nationale Chemin de fer France (SNCF) bisa membuat runyam sektor transportasi Perancis - demikian kabar media ITF di London.

Aksi mogok kerja ini digalang oleh serikat pekerja (SP) sehingga membuat lumpuh aktifitas angkutan disana. Dampak aksi ini bisa mengkristal menjadi gelombang aksi besar bila bersatu dengan kepentingan buruh pelabuhan. Sejauh ini masih bergerak sendiri-sendiri.

Saat ini ditengarai ada pembicaraan antara buruh di masing-masing biz unit, seperti : CGT Ports (port), FNPD (dock federation), UNIM (stevedoring) dan UPF (port association). Bagaimana hasilnya, seperti biasa, kita akan memonitor perkembangan setiap saat.

Tetap semangat dan waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar