Kamis, 28 Oktober 2010

JT 281010 : Thai Airways Bangun Armada Kargo Udara

Maskapai penerbangan asal negeri Gajah Putih, Thai Airways, dikabarkan
tengah menggarap langkah strategis ekspansif dalam beberapa dekade mendatang. Apa aja sih ?

Dari info yang berhasil dihimpun, setidaknya, Thai berencana membeli sejumlah pesawat terbang untuk angkutan kargo udara dengan berbagai tipe dan merek. Itulah yang disampaikan bozz kargo udara, Pichai Chunganuwad, kepada media setempat Bangkok Post.

Untuk keperluan ekspansinya, Thai bersiap membeli 8 (delapan) unit pesawat terbang, termasuk Boeing B747F dan sejumlah pesawat berukuran sedang (regional freighter). Hingga saat ini, untuk rute jarak jauh, Thai menyewa slot maskapai murah-meriah Southern Air.

Di rute regional, Thai berniat membeli medium-hail freighter dengan daya muat 40-50 ton, semisal pesawat Airbus A300-600 atau Boeing 767. Target yang dibidik pastinya pasar seperti RRCina dan India dengan hub-port Bangkok.

Keberanian Thai berinvestasi karena meningkatnya volume kargo udara dari waktu ke waktu. Saat ini berkisar di angka 60.000 ton per bulan dan kedepannya diharapkan mencapai 65.000 hingga 70.000 ton di kuartal 4 - tahun 2010 ini.

Terbuktikah perkiraan manajemen Thai Airways mengantisipasi perkembangan yang terjadi sekarang ini? Sekali lagi, hanya waktu yang bisa membuktikannya. Mau dilihat 1 tahun, 2 tahun ataau berapa tahun saja, tergantung sudut pandang posiitif kita semua.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar