Kamis, 07 Oktober 2010

JT 071010 : Vinashin Selesaikan Hutang Natixis Bank

Walau digelayuti permasalahan besar, namun niatan pemerintah Vietnam untuk menutup hutangnya satu per satu patut diacungi jempol. Adapun yang mendapat kesempatan melegakan hati adalah pembayaran USD 3 juta dari total pinjaman USD 25 juta kepada pihak Natixis Bank, Perancis.
Pihak galangan kapal pelat merah yang konon merugi USD 4,5 milyar akibat mis-manajemen ini mencampakkan sejumlah eksekutifnya ke penjara untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan semasa mereka berkuasa - demikian dikabarkan oleh kantor berita Reuters.


Pihak pemerintah sudah berhasil menjual 5 (lima) unit kapal seharga USD 75 juta untuk menggali dana segar serta berencana menjual 35 unit lainnya guna mengeruk dana USD 160 juta di akhir tahun - demikian penjelasan Nguyen Xuan Phuc dalam sebuah konferensi pers.


Pemerintah pun beritikad memperbaiki kinerja yang sempat porak poranda dengan mengucurkan dana USD 130 juta guna menyelesaikan order kapal yang kepalang ditangani Vinashin. Hitung-hitung jaga kondite. Lantas, akankah Vinashin bangkit kembali ?


Perlu waktu cukup lama untuk pemulihan. Namun sebuah sumber menyebutkan, periode 2011-2012 Vinashin memang akan merugi tetapi di 2013-2014 mereka optimis bisa kembali meraih kejayaan. Percaya ngga percaya tetapi bila sebuah komitmen sudah diyakini, bisa maujud.


Negeri ini perlu mencontoh langkah-langkah radikal yang dilakukan pemerintah Vietnam dalam menangani kerikil dalam perusahaan agar tidak terpuruk dan terus menerus digerogoti maling-maling berdasi dengan berbagai dalih.

Kita tunggu perkembangan lebih lanjut Vinashin ini.


Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar