Senin, 11 Oktober 2010

JT 111010 : Asia & Amerika Latin Dekati '3 Besar' Eropa

Ngga disangkal lagi dan fakta menyajikan hal tak terbantahkan. Dominasi 3 (tiga) perusahaan pelayaran besar dunia berasal dari daratan Eropa. Sebut saja: Maersk Line, MSC dan CMA CGM. Akankah ini bertahan lama ? Alphaliner mencatat akan banyak perubahan di masa datang.
Dari daftar Top 50 Operator yang diterbitkan media riset tersebut (juga pernah dimuat disini, baca JT 230910 dan JT 270910) ternyata 9 dari 10 pelayaran yang bergerak aktif di pasar, berasal dari Asia dan Amerika Latin. Meski kelihatan masih kecil tetapi sesungguhnya mereka siap menggebrak dunia.

Menurut data yang dirilis Organisasi Perdagangan Dunia (WTO, World Trade Organization), pertumbuhan negara-negara industri ngga akan melewati angka 11,5% namun untuk negara berkembang, mereka akan tumbuh 16,5% - pertumbuhan global diprediksi 15% di tahun 2010.

Dari data diatas, ngga berarti 3 besar diatas akan terlibas dalam waktu sekejap, namun operator asal Asia dan Amerika Latin semakin menunjukkan jati diri, sehingga kedigdayaan lautan yang selama ini didominasi Eropa akan mencair dan bermetamorfosa dalam beberapa tahun mendatang.

Sepuluh pelayaran yang cukup agresif dalam pengembangan skala armada kapalnya - waktu pembanding antara September 2008 dan September 2010 (dibaca 2 tahun kemudian), sebagai berikut :
1) STX Pan Ocean (kapasitas terkini 37.977 TEUs atau naik 116%)
2) CSAV (539.313 TEUs, naik 92%)
3) TS Lines (77.029 TEUs, naik 87%)
4) Sinotrans (29.409 TEUs, naik 70%)

5) S.C India (27.503 TEUs, naik 57%)
6) UASC (212.116 TEUs, naik 55%)
7) PIL (250.582 TEUs, naik 36%)
8) APL (607.524 TEUs, naik 31%)
9) Turkon Line (18.325 TEUs, naik 30%)
10) UniFeeder (35.667 TEUs, naik 30%).
Nah, sekarang lebih jelas dong dengan angka-angka yang berbaris rapih diatas he 3x. Tariiiik Maaaaang.
Sumber : Alphaliner, CSM (diolah lagi jadi informasi gado-gado).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar