Selasa, 12 Oktober 2010

JT 121010 : Awas, Chittagong Masih Krodit !

Rasa-rasanya, Chittagong belum pulih dari kekisruhan yang melanda pelabuhan tersebut. Kapal tunggu bisa 10-15 hari dimana buruh pelabuhan, manajemen pelabuhan maupun otoritas yang bertanggung jawab saling melempar tanggug jawab.
Adapun dermaga swasta yang ditunjuk oleh pemerintah Bangladesh pun ngga berani bekerja karena ancaman pihak buruh sangat kuat dan bahkan sempat diserang - demikian dilaporkan media cetak berpengaruh Dhaka Star.

Akibat serangan tersebut, operator dermaga swasta Everest Enterprise mengadukan komplein berat ke pihak berwajib Bandar Police Station. Ketua asosiasi dermaga swasta prihatin dengan kejadian tersebut dan meminta polisi melindungi kepentingan mereka.

Editorial Bangladesh Financial Express menyebutkan, pejabat sementara impoten karena ngga bisa mengatasi masalah kritis ini sedangkan isu korupsi disebut-sebut juga berkontribusi besar atas timbulnya kekisruhan nasional di Bangladesh.

Karena pentingnya peran Chittagong Port sebagai urat nadi perekonomian Bangladesh, seyogyanya pemerintah serius mengambil langkah-langkah strategis karena kegagalan menangani isu ekonomi bisa berpotensi menjadi isu politis.

Yang sudah santer dibicarakan kalangan pengamat adalah mundurnya para petinggi dan pemangku jabatan strategis di lingkungan CPA dan juga instansi terkait, semacam administratur pelabuhan hingga ke Menteri Perhubungan atau jabatan setingkat menteri.

Ya gitu deh. Mirip isu di negeri ini. Esa hilang dua terbilang. Kasus lama bakal masuk kakus, digilas oleh kasus baru, begitulah seterusnya. Mirip lingkaran setan, lengkap dengan setannya yang tengah asyik bermanuver. Mereka menentukan, siapa korban berikutnya he 3x.

Chittagong, cepat pulih ya.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar