Sabtu, 23 Oktober 2010

JT 231010 : CSAV Merangsek Ke Posisi 7 Dunia

Ditengah-tengah kesulitan, biasanya ada yang muncul ‘jagoan baru’ – entah itu disengaja karena strategi biz yang jitu, faktor kebetulan atau sebab alasan lain.

Di industri maritim, banyak pemain global di tahun 2010 ini ‘tertolong nasibnya karena faktor pertumbuhan Asia yang diperkirakan mencapai 8% dan merupakan yang tertinggi dibanding bagian belahan dunia manapun.

Salah satu mutiara yang muncul ditengah krisis panjang saat ini, mencuat nama pelayaran asal Cile yang sebelumnya sempat dibuat sekarat karena krisis keuangan yang melanda dunia. Cile memiliki 2 pelayaran besar dunia, CSAV dan CCNI.

Dalam catatan Alphaliner, CSAV berhasil menggandakan armada operasionalnya dari 280.000 TEUs menjadi 560,000 TEUs hanya dalam kurun waktu 12 bulan saja ! Disaat pelayaran lain prihatin, do'i malah ekspansif.

Kontan saja, bila dibandingkan dengan peringkat yang diraih tahun lalu (2009), posisi CSAV kini merangsek ke urutan 7 dunia, setelah sebelumnya bercokol di urutan 16 dunia namun berkat agresifitas yang diembannya, kini masuk daftar Top 10.

Prestasi mengagumkan dan brilyan. Simak prestasinya. Pendapatan Semester 1 tahun 2009 merugi USD 403 juta namun berbalik meraih nett profit USD 30 juta selama 6 bulan pertama 2010 (Januari - Juni).

Hebatnya lagi, di saat posisi ocean freight melemah bulan September lalu, CSAV justru mencatat kenaikan rata-rata freight rate 2 persenan dan volume yang ditangani 276.800 TEUs atau naik 3,8% dibanding Agustus 2010.
Menurut Alphaliner lagi, kesuksesan CSAV hal ini didorong karena perubahan fokus pelayaran tersebut yang menggabungkan pola operasi dengan kondisi pasar yang tengah berkembang.
Dua wilayah yang diindikasi punya kontribusi besar terhadap keberhasilan CSAV adalah area dagang Far East – Latin America dan Asia – Amrik (Far East – U.S trade).
Nah, ini tips mantap dari CSAV. Bangkit dari keterpurukan dan meraih mimpi menjadi salah satu Operator besar dijagad dunia pelayaran. Congrats.
Semoga bisa bertahan dan maju terus pantang mundur. Rujukan tambahan pelayaran-pelayaran dunia, simak JT 270910 dan JT 230910 bertitel :Top 50 Operator Pelayaran Dunia (bagian 1 dan 2). Silahkan dibaca.
Sumber : Alphaliner/HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar