Rabu, 20 Oktober 2010

JT 201010 : CMA CGM Lepas Saham Ke Perusahaan Turki

Semua galangan Asia kini memelototi perangai pelayaran asal Perancis, CMA CGM, yang kabarnya tengah didekati perusahaan keluarga asal Turki, Yildrim. Malah perusahaan pelayaran ke-3 terbesar didunia ini siap melepas 20% sahamnya. Benarkah ?


Bila isu diatas benar, maka bisa dipastikan pelayaran besutan Jacques Sa’ade ini bakal menerima duit segar USD 500 juta. Kenapa banyak pihak galangan peduli dengan perkembangan ini ? Karena CMA CGM tengah mengantungi order konstruksi 30 kapal gede (ka-ge).

Yang jadi permasalahan utama, setelah terbelit krisis global dan likuiditas keuangannya terganggu, CMA CGM harus mengikuti program restrukturisasi ketat, termasuk melengserkan Sa’ade menjadi Komisaris serta mengurangi peran keluarganya.

Rencananya, prosesi penandatanganan perjanjian ini akan dilaksanakan minggu-minggu ini dan CMA CGM akan menerima dananya sekitar akhir November 2010. Sebelum Yildrim, tersebutlah nama-nama Colony Capital (Amrik), Alfred Frere (Belgia) dan Qatar Holding.

Bila lancar semua, pihak lembaga pengelola keuangan Perancis, FSI bakal menggandeng Yildrim untuk mengembangkan biz CMA CGM kedepannya – demikian tulis media setempat Les Echoes memaparkan.

Busyeeeet, komposisi kepemilikan CMA CGM bisa berubah drastis akibat hantaman krisis. Yang lain, bagaimana juga ya nasibnya ? Moga-moga bisa membalik drama kegagalan menjadi sebuah keberhasilan gemilang. Atau cukup bertahan ?

Ikuti perkembangannya secara seksama. Ini penting buat pergaulan. Ibaratnya, jadi 'bahasa gaul' orang pelayaran dan forwarding yang butuh info rujukan yang bisa diandalkan. Semoga bermanfaat.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar