Jumat, 27 November 2015

JT 271115 : Kapal Idle Makin Mengkhawatirkan (2)

Tren kapal nganggur semakin hari, semakin banyak. Bikin pelayaran mana pun gentar menghadapi kenyataan yang ada. Di bilang optimis, boro-boro naik volumenya. Yang ada turun terus, khan gak matching gitu loh.

Dalam kurun 5 (lima) tahun ke belakang, bisa jadi tren s/d 16/11 lalu, menunjukkan ada 306 unit kapal kontainer dengan agregat 1,24 juta TEUs (= 6,3 persen dari total armada kapal dunia) nganggur (baca: idle) dan terparkir di sejumlah pelabuhan.

Menurut media riset Alphaliner, kondisi ini miris bingitz. Di saat pembangunan gede-gedean kapal kontainer yang ukurannya cukup dahsyat (>18.000 TEUs), ehh di sisi lain, permintaan pasarnya malah gak ngedukung sama sekali.

Adapun kapal-kapal yang idle melibatkan kapal berkapasitas 4.050 TEUs dan 7.500 TEUs. Kapal-kapal ini hasil rekayasa aliansi strategis dalam menyikapi kesulitan mengoperasikan kapal, dengan load factor pas-pasan gitu.

Makanya rute Asia-Eropa (AE) yang selama ini menjadi kojo alias rute andalan, terpaksa berdarah-darah dan mengalami perubahan cukup drastis. Sejumlah pelayaran berusaha terus mengurangi armadanya dan bahkan ada yang mau cabut sekalian. Ngga nutup biaya operasi.

Memasuki masa kiriman Natal dan Tahun Baru tapi sejumlah pengamat justru menekankan agar pelayaran waspada karena sikon tahun 2015 berbeda dan banyak isu yang menyertainya yang gak menjanjikan : teror bom Paris, penembakan pesawat Rusia oleh Turki dan sikon ekonomi global yang masih menjadi momok.

Ya prihatin deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar