Senin, 09 November 2015

JT 091115 : RRCina Bangun Pelabuhan Di Sri Lanka

Langkah yang ditempuh oleh pengusaha RRCina bisa membuat gerah operator pelabuhan di India. Pasalnya, sebuah perusahaan Tiongkok yang terdaftar di bursa saham membenamkan duitnya untuk menyulap Kolombo menjadi hub-port.

Adalah China Merchant Holdings International (CMHI) yang bakal menyulap pelabuhan Kolombo menjadi regional shipping hub alias pusat kegiatan pelayaran regional, setidaknya di kawasan Asia Barat dan Asia Selatan.

CMHI kabarnya bakal mengelola Colombo International Container Terminal (CICT) dan peluang tersebut sudah didepan mata. Tinggal memoles layanan dan SDM supaya lebih klop, selain membenahi infrastruktur agar layak memiliki standar internasional.

Bukan tanpa alasan, CICT pernah mendapat kunjungan kapal kontainer dengan kapasitas 10.000 TEUs dengan draft yang cukup dangkal namun kedepannya, CICT bakal menarik kapal hingga 18.000 TEUs ato lebih. Tergantung usaha kedepannya he he he. Wooow bingitz khan ?

Dalam sebuah laporannya blon lama ini, Asian Development Bank (ADB) melansir efisiensi dan kecepatan dalam bongkar muat (baca : produktifitas) menjadi faktor sebuah pelayaran memilih hub-port yang mumpuni dan bisa mendukung layanan yang dijanjikan.

CICT bakal memanfaatkan kelemahan pelauhan di India yang sering mengalami problem dengan draft dangkal sehingga kapal besar harus antri ato kadang-kadang mengalami demo buruh. Ini jelas yang ditangkap oleh CMHI.

Kedepannya, Kolombo bisa disejajarkan dengan Singapura, Malaysia ato Dubai dalam menyulap pelabuhannya menjadi hub-port di area terdekat. Setidaknya, mimpi tersebut kini tengah dirajut oleh Sri Lanka untuk meraih predikat serupa.

Mampukah ? Just wait and see.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar