Selasa, 17 November 2015

JT 171115 : Kapal Idle Makin Mengkhawatirkan (1)

Dilema kondisi perekonomian yang tengah lesu, menyebabkan kapal komersil yang seharusnya menjalankan tugas memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain, ikut memble dan harus antri menunggu muatan.

Dalam kurun waktu 2 (dua) minggu ini aja, sudah ada 35 unit kapal beragregat 109.000 TEUs parker, sehingga menambah panjang daftar antrain dan angkanya slot idle ato gak kepake jadi 1 juta TEUs !

Artinya, jumlah kapal kontainer berkapasitas diatas 500 TEUs, memberikan kontribusi diatas 1 juta TEUs sendiri. Nantinya kondisi ini akan menekan pasar dan harga bisa terjun bebas dan berada di level paling nyinyir (gak menguntungkan lagi).

Volume kapal yang mangkal gak beroperasi di bulan September lalu baru berkisar 500.000 TEUs aja, tetapi memasuki Oktober nyaris meningkat 2x lipat dan boleh dibilang, angka tertinggi selama tahun 2015.

Angka diatas 1 juta TEUs merupakan yang pertama kali juga, sejak tahun 2010 lalu.Bagi pelayaran global, kalo angka 1 juta TEUs itu muatan, pasti berpesta pora. Tapi kapasitas yang ada justru dianggurin alias idle, bisa nangis darah.

Sejumlah pelayaran dan kelompok aliansi langsung menyesuaikan servis yang dioperasikan. Over-capacity menjadi momok karena pertambahan kapal gak dibarengi pertumbuhan pasar sehingga mandek.

Pelayaran banyak berharap-harap cemas menjelang pergantian tahun. Tahun 2014 diprediksi pertumbuhan di tahun 2015 akan jauh lebih baik tetapi nyatanya, sama ambrolnya. Lantas akankah kondisi tahun 2016 membaik ato sama jebloknya dengan tahun 2014 dan 2015 ?

Ikuti terus perkembangannya. Pertama kali pula, beberapa waktu lalu kapal seri Triple E milik Maersk Line diparkirkan akibat isu serupa. Padahal, tahun 2015 ini banyak seri kapal diatas 18.000 TEUs mulai beroperasi.

Hmm serem juga ya. Pilih dioperasikan tapi rugi ato pilih diparkirin sementara waktu ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar