Rabu, 18 November 2015

JT 181115 : Pelabuhan Kijing Berbiaya USD 300 Juta

Ini masih taksiran loh ya. Kabarnya, pelabuhan Kjing, Pontianak akan dibangun oleh pihak PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Total biayanya sekitar Rp 4-5 trilyun ato setara dengan USD 200-300 juta.

Orias P. Moedak, Direktur Keuangan Pelindo II, mengungkapkan dana diatas mo dipake buat ngembangin pelabuhan dan wilayah industri (back up area) seluas 5.000 ha. Alokasi pelabuhan ini untuk mendukung kegiatan tambang bauksit dan aluminium.

Berdasarkan rencana perusahaan, Pelabuhan Kijing akan dibangun mulai awal 2016. Nantinya, pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan internasional dan dapat menampung arus barang yang melalui RRCina.

Selain Pelabuhan Kijing, Pelindo II juga akan memulai pengembangan Pelabuhan Cirebon yang akan diperluas untuk kegiatan bongkar muat kontainer. Tujuan pengembangan pelabuhan di Cirebon ini antara lain untuk mendukung pengembangan kawasan industri di Jawa Barat.

Khusus untuk area Cirebon, untuk menghindari kemacetan lalu lintas, akan dibangun akses jalan tol di atas laut dan waktu pembangunannya akan memakan waktu 2-3 tahun. Terus untuk pelabuhan Kijing gimana ?

Infonya blon banyak jadi segitu dulu aja ya. Minimal Pembaca tahu.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar