Kamis, 26 November 2015

JT 261115 : PT KAI Buat "Rail Clinic"

Untuk pertama kalinya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) ato PT KAI, menyelesaikan modifikasi 2 (dua) unit kereta yang disambung menjadi satu rangkaian khusus untuk kesehatan. PT KAI melalui BY Yogyakarta, menamakan kereta ini dengan "Rail Clinic".

Kereta ini didisain layaknya rumah sakit berjalan. Di dalamnya terdapat ruang perawatan‎ hingga ruang menginap bagi pasien. EVP BY Yogyakarta Eko Purwant‎o njelasin gak sulit ngerombak dan membuat fasilitas kesehatan di dalam kereta tersebut, bahkan anggaran juga gak terlalu gede.

Balai Yasa (BY) Yogyakarta ini merupakan satu-satunya BY yang memiliki fungsi khusus perawatan lokomotif, kereta pembangkit, KRD, dan jenis kereta berpenggerak lainnya. Rail Clinic ini memiliki double engine yang bisa berjalan maju ataupun mundur.

KRD yang dimodifikasi menjadi rumah sakit berjalan ini adalah KRD yang sebelumnya dioperasikan Daop 2 Bandung. Rail Clinic yang hanya terdiri dari 2 (dua) kereta, yang pertama di-setting sebagai ruang pelayanan, mulai dari pemeriksaaan umum hingga pemeriksaaan gigi dan mata.

Sementara kereta kedua, digunakan sebagai kamar-kamar yang bisa digunakan untuk beristirahat layaknya di rumah sakit. Proses modifikasinya memakan waktu kurang lebih 1 (satu) bulan.

Congrats. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar