Sabtu, 21 November 2015

JT 211115 : Kaltim Bangun Jaringan Rel Kereta Api

Secara bertahap namun pasti, pembangunan jaringan rel kereta api (KA) mulai menampakkan hasilnya, setidaknya sudah ada tanda-tanda untuk dimulai, yakni berupa peletakan batu pertama. Ini sebuah indikasi positif yang perlu diapresiasi.

Setelah Sumatera dan Sulawesi yang bakal dilengkapi dengan jalur KA, kini Kalimantan ikut berbenah dengan menggandeng pihak swasta dari negara Rusia. Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat pengembangan kawasan industri di Kalimantan, dimulai dari pembangunan sarana transportasi KA.

Salah satu ruas akan membentang antara Kab. Penajam Paser Utara hingga Kutai Timur, Kutai Barat, dan Kutai Kartanegara, di Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek itu dengan pemancangan batu pertama di kawasan industri Buluminung, Penajam Paser Utara, Kaltim, kemarin.

Klo sudah groundbreaking harus dijalankan dan dalam waktu 4 bulan akan dilakukan pengecekan ulang oleh Jokowi. Infrastruktur di Kaltim ini untuk membangun konektivitas antarkawasan industri sehingga lalu lintas logistik, pasokan bahan baku terjamin, begitu juga pemenuhan sumber daya lainnya.

Panjang rel yang dibangun 275 km, pembiayaannya atas kerja sama Pemprop Kaltim dan perusahaan asal Rusia, tanpa pendanaan APBN. Hmm mantap juga jika semua proyek gede seperti ini, lumayan gak ngeberatin APBN. Maklum duit yang ditanam bisa trilyunan rupiah.

Semoga mancarli.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar