Minggu, 22 November 2015

JT 221115 : Kapal Maersk Line Bukan Lagi Yang Terbesar

Dalam ukuran TEUs, kapal yang dimiliki Maersk Line gak lagi jadi yang paling gede dan pemegang rekor terbesar dunia. Dari tahun ke tahun, selalu ada kompetisi informal untuk membangun kapal yang lebih gede dan bisa memecahkan rekor dunia.

Menurut media Industry Tap, afiliasi dari AP Moller-Maersk Group ini, sudah gak memiliki rekor kapal terbesar lagi karena dalam beberapa tahun belakangan ini, pembangunan masif sejumlah pelayaran membuat konstelasi pelayaran global gonjang-ganjing.

Blon lagi ada isu bakal ada akuisisi APL oleh peminat yang menantang. Semuanya akan merubah pola operasi dan peta kekuatan yang ada. Kapal generasi triple-E (18.000 TEUs) milik Maersk Line kini sudah berhasil dilewati kompetitor.

Sebut saja, kehadiran kapal container anyar seperti : CSCL Global, MSC Zoe, dan MSC Oscar yang memiliki kapasitas lebih besar : 19.100 TEUs. Secara panjang padahal relatif sama yaitu 1.312 kaki (= 400 meter).

Untuk diketahui Pembaca sekalian. Posisi 4 (empat) kapal terbesar saat ini dikuasai pelayaran Italia-Swiss “Mediterranan Shipping Co. (MSC)” : MSC Oscar, MSC Oliver, MSC Zoe dan MSC Maya, kesemuanya memiliki panjang 395,6 meter tapi kapasitasnya 19.224 TEUs !

Empata kapal terbesar berikutnya dimiliki oleh pelayaran Tiongkok, China Shipping Container Lines ( CSCL) : CSCL China, CSCL Pacific Ocean, CSCL Indian Ocean dan CSCL Arctic Ocean, yang memiliki kapasitas 19.100 TEUs.

Perlombaan kapal terbesar merebak di tahun 1980-an saat kapal Panamax pertama kali dibuat. Awalnya panang kapal hanya 705 kaki dengan kapasitas 2.500 TEUs, kemudian berkembang pesat hingga mencapai 950 kaki dan kapasitas diatas 4,000 TEUs.

Di periode post-Panamax dan Panamax-plus (antara 1990-2005) panjang kapal sudah mencapai 1.100 kaki dengan kapasitas angkut 8.000 TEUs. Dan dalam kurun waktu 10 tahun kemudian membengkak lagi hingga 1.312 kaki dengan kapasitas maksimum 19.224 TEUs.

Menurut media riset Alphaliner, diluar sana ada 6.096 unit kapal berbagai ukuran dengan agregat 20.312.469 TEUs. Maersk Line sendiri  memiliki 2,99 juta TEUs (14,7 persen market share).

Posisi kedua ditempati oleh MSC dengan pangsa pasar 13,4 persen dan posisi ke-3 ada CMA CGM, dengan porsi pasar sebesar 8,8 persen. Sebentar lagi apabila ada peralihan kepemilikan saham APL, porsi pelayaran terbesar pun bisa bergeser.

Yuuuk kita simak aja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar