Minggu, 29 Juni 2014

JT 290614 : “Costa Concordia” Mau Dibawa Kemana ?



Sudah jadi bangkai pun sulit mendapat tempat. Itulah perumpamaan yang patut disandingkan kepada kapal pesiar “Costa Concordia” yang tenggelam setahun lalu. Menteri Perhubungan Italia, Maurizio Lupi mengkonfirmasi pada tgl 30/05 bahwa tempat persemayaman terakhir di Italia.

Sebelumnya, sejumlah negara berlomba untuk mendapat Costa untuk dijadikan rongsokan : Inggeris, Perancis, Norwegia dan Turki, disamping Italia. Lupi sempat menyebut Genoa tetapi masih ada opsi pelabuhan lain.

Pemilik kapal memilih konsorsium Saipem (oil service company) + Marioti & San Giorgio (perusahaan yang berbasis di Genoa) untuk memindahkan kapal tersebut. Kapal ini akan ditarik sejauh 280km ke Genoa. Pihak Costa Cruises sudah menghabiskan dana USD 1,1 milyar untuk operasi pengangkatan Costa Concordia. Penarikan ke Genoa akan menambah biaya USD 100 juta lagi.

Jumlah yang bukan sedikit sehingga kini menimbulkan masalah baru. Konsensus yang sudah dicanangkan oleh Lupi, apakah tetap akan dijalankan ato menempuh opsi lain. Pejabat penanggulangan sikon darurat, Franco Gabriellei menetapkan tgl 26/06 namun gagal.

Ketua Komisi Pekerjaan Umum, Altero Matteoli menyarankan, kapal ditarik ke pelabuhan terdekat saja : Piombino. Pihak Costa Cruises, pemerintah daerah Tuscany dan propinsi Grosetto belum sepakat bila harus dibawa ke Genoa karena biaya dan waktu perjalanan seminggu bisa dipengaruhi cuaca buruk.

Jadi, nunggu lagi nih …. Ya, ngambang sih ngambang, cuma mau dibawa kemana juga ?

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar