Sabtu, 28 Juni 2014

JT 280614 : “CMA CGM Magellan” Jadi Obyek Kolase


Aktifitas seni bisa berasal darimana saja. Buktinya, seorang seniman jalanan JR memiliki proyek berskala internasional, yakni memberi sentuhan seni kolase untuk sebagian kapal “CMA CGM Magellan” (13.900 TEUs) sebagai bagian dari “Terre d’Éaux” festival.

Kapal ini juju raja gede banget (walau kalah gede dengan triple-E milik Maersk Line yang memiliki kemampuan 18.000 TEUs) namun untuk pengerjaan sebuah kapal super-gede diperlukan ekstra energi dan curahan tenaga serta pikiran.

Rencananya, kapal sepanjang 365 meter (bayangin gedenya 3,5x lapangan bola standar internasional, sambil ngebayangin momen Piala Dunia 2014) bakal digubah menjadi suatu karya seni dengan teknik kolase foto. Lihat aja foto aslinya bila kapal sedang dipenuhi muatan kontainer. Wooow banget khan.


Apa yang dimaksud istilah “kolase” ? Yuuuk kita pinjam sebentar, dari pemilik blog : kolaseipsa (mohon ijin ya). Kolase (collage) adalah sebuah cabang dari seni rupa yang meliputi kegiatan menempel potongan potongan kertas atau material lain untuk membentuk sebuah desain atau rancangan tertentu (Kamus modern Art, A Collins – Larousse Concise Encyclopedia).

Semua kegiatan ‘perakitan’ beraneka bahan dasar menjadi sebuah karya seni. Misalnya, merakit dan merekatkan kertas, kayu, metal, barang-barang bekas, bahkan sampah ke dalam media hiasan dinding. Begitu pula, semua media lukisan yang ditambahi, ditempeli asesoris berbagai bentuk benda sesuai aslinya.

Nah, jelas donk. Pokoknya kapal CMA CGM Magellan bakal dimodif menjadi kapal dengan karya seni bercita rasa tinggi menggunakan teknik kolase tadi he he he. Kapal ini akan meninggalkan Terminal Le Havre, Perancis tgl 03/07, dalam kondisi sudah digambari.

Siapa saja yang terlibat dalam proyek seni ini, belum teridentifikasi. Harapannya saat berlayara nanti, bagian depan sebelah kanan kapal, sudah ada kolase yang bisa dilihat sepanjang perjalanan ke Asia, via Terusan Suez.

Bagi JR, pengalaman melukis kapal ini menjadi pengalaman unik dan sudah diidam-idamkan sejak beberapa tahun lalu. Ehhh akhirnya kesampean juga. Gimana bentuknya ya ? Kita aja penasaran. Tunggu waktu yang pas ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar