Selasa, 10 Juni 2014

JT 100614 : Pelabuhan Haropa Diincar Pedagang India


Memangnya ada yang special sehingga tiba-tiba para pedagang dari India koq memilih salah satu lokasi pelabuhan di Perancis, untuk melakukan penetrasi pasar. Sah-sah aja sih, mau ngapain keq dan sepanjang tidak merugikan orang / pihak lain.

Bisnis biasanya mematikan salah satunya he he he, tapi urusan pebisnis ‘lah. Yang mau disinggung disini urusan dagangnya. Kabarnya, para pedagang India tertarik memanfaatkan fasilitas kompleks pelabuhan modern Le Havre untuk memasok barang-barang yang dibutuhkan warga Eropa.

Eropa sebelah mana ? (gitu khan nanyanya). Menurut wong India yang bekerja di Kamar Dagang Industri Uni Eropa, Avinash Bharat, pola perdagangan bergeser ke area pelabuhan Haropa karena wilayah barat laut Eropa yang sedang tumbuh.

Kapten Bharat menyebutkan  pelabuhan Haropa memiliki letak yang strategis dan menghadap Selat Inggeris, yang nota bene merupakan gerbang masuk penting (major gateway) ke negara-negara di Eropa daratan.

Dukungan dari para pedagang India diprediksi bakal mendorong pertumbuhan Haropa menjadi salah satu wilayah berkembang di kemudian hari. Unsur-unsur mendirikan logistics hub yang efisien dan efektif sangat memungkinkan dengan memanfaatkan Haropa.

Keuntungan lainnya. Dalam waktu dekat akan ditandatangani Indo-European Free Trade antara India dan Uni Eropa yang berarti membuka cakrawala baru, dimana jaringan para pedagang India relatif sudah terbentuk di benua Eropa sana.

Mampu menjalankan komitmen berdagang secara “fair”? Perjalanan waktu akan membuktikan hal tersebut. Haropa dimananya Eropa siiiiiiih ? Penasaran ya dan baru dengar sih he he he. Ini dia sekelumit info dan silahkan dicari-cari lagi buat melengkapi pengetahuan.

HAROPA merupakan bagian dari kompleks pelabuhan modern di Le Havre dan menduduki ranking ke-5 di benua Eropa karena memiliki keunggulan (nantinya) servis aliansi strategis P3 Network akan memanfaatkan Haropa.

Haropa merupakan proyek hasil kerjabareng Le Havre, Rouen dan Paris. Memiliki koneksi tidak kurang dari 500 tujuan di seluruh dunia dan Haropa mempromosikan diri sebagai “öne-stop”. Satu lagi, dalam setahun Haropa bisa meng-handle 120 juta ton kargo.

Jangan lupa juga, salah satu anggota P3-network yakni CMA CGM berasal dari Perancis dan pastinya akan bikin hidup lebih hidup he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar