Sabtu, 21 Juni 2014

JT 210614 : Pimpinan Feri "Sewol" Hadir Di Pengadilan


Lama tak terdengar, gimana juga nasib korban kapal feri "Sewol" yang tenggelam di bulan April lalu ? Kabar pencarian korban bisa jadi sudah dihentikan tetapi proses pengadilannya tetap jalan koq.

Info terakhir menyebutkan, sejak pekan lalu pimpinan perusahaan feri Sewol dikabarkan telah muncul di pengadilan dan proses pengadilan terhadap kapten dan 14 anak buah kapal, pun berlangsung di tempat terpisah.

Pemimpin "Chonghaejin Marine" (operator kapal Sewol), Kim Han-sik, 73 tahun, dan empat pegawainya didakwa mengabaikan laporan-laporan bahwa perusahaan itu berulang kali mengisi feri lebih dari kapasitasnya.

Sementara itu, pengadilan terhadap kapten dan 14 awak kapal lain berlangsung terpisah dengan berbagai dakwaan, berkaitan dengan kegagalan membantu menyelamatkan para penumpang saat kecelakaan terjadi.

Dalam kejadian tragis tersebut, setidaknya 292 orang, kebanyakan pelajar, tewas dalam tragedi 16/04/14. Musibah ini kontan memicu kemarahan publik di Korea Selatan dan pihak keluarga menuntut hukuman yang seberat-beratnya bagi para pelaku.

Yoo Byung-eun, sang pemilik perusahaan,  masih buron hingga saat ini. Bagaimana juga hasil keputusan pengadilan atas tragedi mengenaskan ini, tunggu perkembangan lebih lanjut. Ikut prihatin.

Sumber : BBC - detikNews.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar