Senin, 09 Juni 2014

JT 090614 : “Cape Med” vs “Le Sheng”


Insiden tabrakan selalu saja terjadi. Gak hanya di jalan raya. Jalur laut pun bila tengah dilanda cuaca kurang menguntungkan ato kabut dlsb, pasti akan mengalami kendala. Ujung-ujungnya bisa berakhir dengan tabrakan ato senggolan.

Tanggal 30/05 lalu, terjadi tabrakan antara kapal bulker “Cape Med” (milik “K”Line) dengan kapal “Le Sheng” di Selat Gibraltar. Saat kejadian, kapal Cape Med hendak meninggalkan pelabuhan Gibraltar sedangkan Le Sheng bersiap akan beroperasi.

Saat bermanuver, keduanya bertabrakan dan tanki ballast Cape Med mengalami kebocoran dan air  masuk. Dua kapal tug diperbantukan yakni Salvamar Dubhe dan Luz de Mar untuk menarik keduanya ke wilayah Alpha (seberang area Campamento San Roque).

Spesifikasi kapal Cape Med buatan tahun 2006 sbb : gross tonnage 93.000 ton, tipe bulk carrier, panjang 290 meter, lebar 47 meter dan draft 9,8 meter. Hanya sayang, data kapal Le Sheng belum didapat infonya.

Kedua kapal kini ditahan oleh otoritas terkait untuk keperluan investigasi. Juga kedua kapal dihukum dengan masing-masing euro 30.000,- Kapal Cape Med dikabarkan baru selesai membongkar muatan sementara Le Sheng membawa muatan nikel, dari Huelva. Apes deh.

Ikut prihatin dan untungnya gak ada korban jiwa.

Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto : Juan G. Mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar