Senin, 23 Juni 2014

JT 230614 : "Hamburg-Sud" Tepis Isu Keprihatinan


Bila selama ini, suaranya nyaris tak terdengar, dalam arti gak pernah ribut hingga masalah finansial yang kritis. Toh akhirnya, pelayaran nomor dua di Jerman, "Hamburg-Sud" (H-S) berkomentar juga terhadap isu yang beredar dipasaran.

Isunya apaan sih ? Kabarnya, performansi secara keuangannya kurang memuaskan sehingga menimbulkan banyak praduga diluaran sana. Makanya manajemen H-S perlu menjernihkan isu daripada kena gosip ngawur.

Kondisi saat ini dinilai masih baik (modest) dan volume gabungan liner biz H-S dan afiliasinya "Alianca" masih menembus angka 3,3 juta TEUs. Namun diakui, belakangan ini kondisi pelabuhan dan kongesti di Brazil menjadi batu sandungan bila tidak dicarikan solusinya dengan cepat.

Untuk wilayah Amerika Selatan, ditangani langsung oleh Oetker Group namun operasional area Mediterania dan India, dikontrol oleh general partner "Richard Oetker". Pendapatan periode 2013-2014 (fiscal year) turun 4 persen, menjadi euro 5,3 milyar (= USD 7,2 milyar).

Sang pemilik H-S, tuan Oetker menanggapi situasi ini sebagai lumrah di industri maritim global. Namun demikian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, manajemen H-S akan segera mengeluarkan langkah penghematan guna menjaga performansi di akhir tahun nanti.

Pada intinya, H-S akan tetap fokus di Amerika Selatan dan optimis karena dari sanalah pelayaran ini tumbuh dan dibesarkan. H-S menyebutnya sebagai core-biz dan jantung hatinya. Yang lain ? Jangan coba-coba mengusik ya he he he.

Semoga sukses program cost-cutting-nya ya. Let's do it.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar